Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEKJEN PBB: Guterres Sampaikan Pesan Perdamaian

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengharapkan pergantian tahun menjadi momentum semua pihak agar menjadi lebih baik dan lebih damai
Sekjen PBB Antonio Guterres./.Reuters
Sekjen PBB Antonio Guterres./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Perserikatan Bangsa Bangsa mengharapkan pergantian tahun menjadi momentum semua pihak agar menjadi lebih baik dan lebih damai.

Demikian disampaikan Sekjen PBB yang baru saja terpiliah Antonio Guterres sebagaimana dikutip dari situs PBB UN.org, Senin (2/1/2017). Pria asal Portugal itu terpilih menjadi Sekjen PBB setelah menggantikan Ban Ki-moon dari Korea Selatan.

"Pada Tahun Baru ini, saya meminta kepada Anda semua untuk bersama saya menciptakan resolusi bersama tahun baru. Tempatkan perdamaian di atas segala-galanya," ujar Guterres.

Menuruntya, satu-satunya cara untuk membantu jutaan orang yang terperangkap dalam konflik dan menderita secara besar-besaran dalam perang tanpa akhir adalah dengan duduk bersama untuk mencapai resolusi perdamaian.

Guterres mengatakan bahwa yang menjadi korban dari peperangan tidak lain adalah warga sipil. Untuk itu perdamaian harus menjadi tujuan dan panduan kita sebagai aspirasi dasar kemanusiaan," ujarnya.

Setelah secara resmi ditunjuk oleh Majelis Umum PBB pada 13 Oktober 2016, Guterres akan melayani 193 negara di dunia untuk jangka waktu lima tahun hingga 31 Desember 2021.

Sebelum menjabat Sekjen PBB, Guterres pernah menjabat Perdana Menteri Portugal 1995-2002 dan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi pada Juni 2005 sampai Desember 2015.

Guterres menyisihkan 12 kandidat terpilih termasuk tujuh di antaranya adalah wanita. Dia mengatakan ingin memiliki kesetaraan gender antara kepemimpinan senior PBB dalam jangka lima tahun ke depan.

Para diplomat berharap Guterres dapat mengangkat Menteri Lingkungan Nigeria, Amina Mohammed, sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Rencananya, Guterres juga akan menunjuk seorang wanita sebagai kepala stafnya sebagia bentuk keberpihakan pada wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper