Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI Sabet Kampus Terhijau 2016, Peringkat ke-31 Dunia

Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai kampus terhijau di Indonesia atau peringkat ke-31 dunia melalui pemeringkatan yang dilakukan oleh UI Green Metric 2016.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Kabar24.com, DEPOK- Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai kampus terhijau di Indonesia atau peringkat ke-31 dunia melalui pemeringkatan yang dilakukan oleh UI Green Metric 2016.

Riri Fitri Sari, Ketua UI Green Metric mengatakan peringkat kedua kampus terhijau di Indonesia adalah Institut Teknologi Sepuluh November atau peringkat ke-43 dunia.

Menurutnya, untuk peringkat ketiga adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) atau peringkat ke-57 dunia yang tahun lalu berada di peringkat kedua di Indonesia. "Untuk kampus UI sendiri ada peningkatan dari tahun sebelumnya peringkat ke-36," ujarnya, Kamis (29/12/2016).

Pada pengumuman pemeringkatan kampus terhijau pada tahun lalu kampus UI berada pada peringkat 33 atau naik dua peringkat disusul IPB dan Universitas Diponegoro pada peringkat ke-45 atau ketiga di Indonesia.

UI Green Metric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI Green Metric Ranking of World Universities dimana pada tahun 2016 menjadi 516 dari 74 negara (tahun 2015 diikuti 407 perguran tinggi dari 65 negara).

Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2016 yaitu Algeria, Bahrain, Finlandia, Honduras, Kazakhstan, Kyrgyzstan, New Zealand, Nikaragua, Nigeria, Norwegia dan Venezuela. Sedangkan di Indonesia, terdapat 49 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.

Dia menambahkan tahun ini UI Green Metric menginisiasi sebuah jaringan universitas yang dinamakan UI Green Metric Network Hub. Jaringan tersebut akan dijadikan forum bagi universitas-universitas yang berpartisipasi dalam UI Green Metric untuk berbagi berbagai best practice yang telah diterapkan di universitas masing-masing.

Beberapa langkah nyata yang telah dilakukan antara lain dengan mengadakan tiga workshop teknis di tahun ini di Rusia, Turki dan Jordania dengan tuan rumah universitas lokal di tiap negara tersebut.

Menurutnya, antusiasme yang sangat besar juga datang dari berbagai universitas yang berencana untuk menjadi tuan rumah dalam acara konferensi tahunan UI Green Metric di tahun-tahun mendatang. "Ada kampus seperti Bulent Ecevit University yang bersedia menjadi Host untuk acara The 3rd International Workshop of UI GreenMetric 2017 di Zonguldak, Turki," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper