Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadar Polusi Udara China Lebihi Batas Maksimal WHO

Kadar polusi udara sebuah kota di China Utara melebihi batas maksimal yang dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 100 kali, Senin (19/12/2016).
Polusi udara di China/Reuters
Polusi udara di China/Reuters

Bisnis.com, BEIJING -  Kadar polusi udara sebuah kota di China Utara melebihi batas maksimal yang dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 100 kali, Senin (19/12/2016).

Pemerintah setempat berusaha mengatasi kualitas udara buruk selama tiga hari berturut-turut.

Jumlah polusi mikro berukuran 2,5 mikrometer (PM 2,5) di Shijiazhuang, ibu kota Provinsi Hebei dikabarkan mencapai 1.000 mikrogram per meter kubik, kata kantor berita pemerintah Xinhua, Senin.

Padahal batas maksimal yang ditetapkan WHO hanya 10 mikrogram.

Sementara itu di kota terdekat, Tianjin, otoritas terkait telah menunda puluhan penerbangan di hari kedua, serta menutup seluruh jalan setelah asap menyelimuti kota pelabuhan itu.

Setidaknya lebih dari 40 kota di wilayah timur laut China tengah menghadapi masalah pencemaran udara.

Kadar PM 2,5 di Tianjin mencapai 334 mikrogram per meter kubik pada pukul empat sore waktu setempat, kata otoritas perlindungan lingkungan hidup daerah.

Jumlah PM 2,5 di Beijing mencapai 212 mikrogram per kubik.

Sebanyak 22 kota, Sabtu menerbitkan status siaga, diantaranya termasuk wilayah penghasil besi, Kota Tangshan, Hebei dan penghasil batu bara di Jinan, Provinsi Shandong.

Status "merah" atau siaga adalah peringatan tertinggi untuk tingkat bahaya pencemaran udara.

Peringatan itu disiarkan setelah Indeks Kualitas Udara (AQI) memprediksi kadar tersebut akan melebihi batas sebanyak 200 kali dalam empat hari berturut-turut, atau 300 kali untuk lebih dari dua hari, atau 500 kali pada 24 jam terakhir.

AQI adalah metode perhitungan berbeda dari PM 2,5.

Status siaga polusi menjadi cukup umum untuk beberapa wilayah industri di China Utara, khususnya selama musim dingin saat permintaan atas listrik- banyak dipenuhi batu bara - cukup tinggi.

Pengamatan AQI di tujuh kota Hebei menunjukkan kadar polusi melebihi batas di kisaran 400, Senin. Bahkan Shijiazhuang dan dua kota lainnya melampaui batas di level 500, kata Xinhua.

Kadar polusi yang nilainya di atas 300 dianggap berbahaya oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.

Pusat Meteorologi Nasional memperingatkan melalui lamannya, Senin, pencemaran udara saat ini akan berdampak ke 10 provini, termasuk Beijing, Tianjin, hingga ke wilayah selatan di Jiangsu dan Anhui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper