Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUGAAN MAKAR: Diperiksa Satu Setengah Jam, Sekjen KSPI Akui Kenal Ratna Sarumpaet

Dalam pemeriksaaan yang berlangsung selama satu setengah jam, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) M. Rusdi mengaku mengenal Ratna Sarumpaet.
Ratna Sarumpaet/Antara
Ratna Sarumpaet/Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Dalam pemeriksaaan yang berlangsung selama satu setengah jam, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) M. Rusdi mengaku mengenal Ratna Sarumpaet.

Rusdi yang memberi keterangan usai diperiksa oleh tim penyidik subdit Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya menyebutkan perkenalan dengan Ratna Sarumpaet berawal dari sejumlah kegiatan seperti pada peringatan 17 Agustus di Kampung Aquarium.

“Kita kenal sejak peringatan acara 17 Agustus di Kampung Aquarium, isu penggusuran, kemudian juga tentang isu reklamasi di Gedung Juang,” katanya sesaat setelah keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Senin (19/12/2016).

Namun, dalam keterangannya kepada polisi Rusdi mengakui bahwa Ratna tidak pernah mengajak pihak buruh untuk melakukan aksi ke Gedung DPR pada 2 Desember lalu.

Dia juga menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengikuti rapat yang berlangsung baik di Universitas Bung Karno juga Hotel Sari Pan Pacific.

“Jadi seputar itu saja kaitan dengan Ibu Ratna, dan seputar itu pertanyaannya," tambahnya.

Rusdi menceritakan, dalam pemeriksaaannya sebagai saksi terkait kasus makar hari ini, pihak kepolisian menyodori sekitar 14 pertanyan terkait perkenalannya dengan Ratna Sarumpaet dan kemungkinan keterlibatan KSPI dalam dugaan rencana aksi makar pada 2 Desember lalu.

Rusdi menegaskan bahwa aksi buruh pada 2 Desember lalu murni terkait isu pengupahan dan KSPI tidak pernah terlibat dalam kasus dugaan makar.

Seperti diketahui, pada Jumat (2/12/2016) dini hari sekitar pukul 03.00-06.00 WIB, pihak kepolisian 'menjemput" sejumlah  tokoh dan dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua.

Delapan di antaranya saat ini ditetapkan sebagai tersangka kasus makar, termasuk Ratna Sarumpaet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper