Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misbakhun: Tempat Terbaik Pantas untuk Bapak Mari'e Muhammad

Mar'ie merupakan tokoh yang tidak pernah membangun pencitraan pribadi untuk menunjukkan bahwa dirinya sosok yang bersih, namun dibuktikan dengan tindakan nyata.
Mar'ie Muhammad/Reuters
Mar'ie Muhammad/Reuters

ihBisnis.com, JAKARTA -Dikenal sebagai tokoh yang bersih hingga mendapat julukan sebagai Mr. Clean, kepulangan mantan Menkeu Mar'ie Muhammad ke haribaan Allah membuat banyak pihak mengenang dan memberikan doa terbaik.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menilai mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad sebagai sosok teladan bagi anak muda karena terkenal sebagai pejabat yang sangat 'bersih' pada masanya.

Menurut Misbakhun, Mar'ie merupakan tokoh yang tidak pernah membangun pencitraan pribadi untuk menunjukkan bahwa dirinya sosok yang bersih, namun dibuktikan dengan tindakan nyata.

"Pemimpin yang cakap dalam menjalankan tugas tanpa banyak menistakan orang atau anak buah yang dianggapnya tidak sejalan dengan keinginan beliau dalam memimpin," katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (11/12/2016).

Menurut Misbakhun, sikap dan perbuatan beliau pantas dijadikan panutan oleh generasi berikutnya untuk membangun negeri ini.

"Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Selamat jalan putra terbaik bangsa. Tempat terbaik di sisi Sang Khalik pantas untuk Bapak Mari'e Muhammad," ujarnya.

Seperti diketahui, mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad tutup usia pada Minggu (11/12/2016) di RS Pusat Otak Nasional.

Menjalani karir di Kementerian Keuangan sejak 1969, Mar'ie dilantik sebagai Menteri Keuangan pada 17 Maret 1993 dalam Kabinet Pembangunan VI.

Kegigihannya dalam memberantas korupsi, menerapkan efisiensi kerja dan meningkatkan integritas kementerianya, membuat Mar'ie disegani sebagai orang nomor satu di Kemenkeu.

Kebijakannya dalam membatasi anggaran dinas yang besar dan tak penting merupakan salah satu manuver kebijakan terbaiknya. Dia juga tercatat menolak dana taktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper