Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA ACEH: Tim Gabungan Masih Lakukan Penyisiran

Aparat gabungan TNI, Polri, dan tim SAR terus melakukan pencarian korban akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam. Tim gabungan menyisir bangunan-bangunan yang roboh akibat gempa yang berkekuatan 6,4 SR.
Warga bersepeda motor melaju di jalanan yang rusak akibat gempa 6,5 SR di Meuredu, Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016)./Antara-Irwansyah Putra
Warga bersepeda motor melaju di jalanan yang rusak akibat gempa 6,5 SR di Meuredu, Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016)./Antara-Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Aparat gabungan TNI, Polri, dan tim SAR terus melakukan pencarian korban akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam. Tim gabungan menyisir bangunan-bangunan yang roboh akibat gempa yang berkekuatan 6,4 SR.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI M. Sabrar Fadhilah dalam keterangan tertulisnya mengatakan, tim mereka telah diterjunkan ke lokasi gempa. Satuan militer yang berada di daerah tersebut juga ditugaskan untuk mencari dan mengevakuasi korban gempa.

“Kami sudah menerjunkan personil ke lokasi gempa, mereka telah disiapkan untuk melakukan evakuasi para korban,” ujar Brigjen Sabrar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12).

Dia menambahkan, selain melakukan evakuasi, mereka juga telah bergabung tim gabungan dan masyarakat untuk membentuk posko kesehatan dan dapur umum bagi masyarakat yang terkena dampak gempa tersebut.

"Selain membantu evakuasi, mereka juga bersama dengan tim gabungan lainnya membentuk posko kesehatan dan dapur umum,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi tim di lapangan, terdapat sejumlah korban jiwa dan korban luka ringan maupun berat. Kebanyakan korban meninggal maupun luka tertimpa bangunan yang roboh. Para korban sebagian adalah anak-anak dan lansia, mereka tak mampu menyelematkan diri karena tinggal di lantai dua ruko.

“Korban meninggal sudah dievakuasi, sedangkan korban luka-luka dilakukan perawatan di Rumah Sakit Pidie Jaya,” imbuhnya.

Adapun berdasarkan laporan dari anggota yang berada di lokasi bencana, Kodam Iskandar Muda mencatat tiga lokasi yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa tersebut. Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Merdu, Kecamatan Tringgadeng, dan Kecamatan Samalaga.

Sedangkan bangunan yang mengalami kerusakan parah adalah ruko-ruko, rumah, tempat ibadah, sekolah, dan pesantren. Namun demikian, data tersebut masih data sementara karena petugas gabungan masih melakukan pendataan tempat-tempat yang mengalami kerusahaan di kabupaten tersebut.

“Tim masih diterjunkan, kami mengutamakan tenaga medis, termasuk menyediakan poli umum, UGD, dan penunjang medis lainnya,’ terangnya.

Sebelumya, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) khususnya wilayah Kabupaten Pidie Jaya. Gempa tersebut juga sempat dirasakan oleh sejumlah wilayah lainnya yakni Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Meulaboh, Aceh Barat, dan Kota Sabang.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tim reaksi cepat BPBD terus melakukan evakuasi bersama dengan tim lainnya. Mereka juga masih melakukan pemantauan dari segi jumlah korban maupun kondisi di lokasi bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper