Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Peluang Target Pertumbuhan Ekonomi 2021 Sulut 8,51%

Bank Indonesia optimistis target pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 8,51% dengan realisasi pembangunan prioritas daerah.
./.Reuters
./.Reuters
Bisnis.com, MANADO—Bank Indonesia optimistis target pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 8,51% dengan realisasi pembangunan prioritas daerah.
 
Sebut saja, hadirnya percepatan pembangunan KEK Bitung khususnya infrastruktur KEK, pembangunan pembangkit listrik, peningkatan produktivitas pertanian, pemanfaatan sektor ekonomi hingga peningkatan rata-rata lama sekolah menjadi faktor pendorongnya.
 
“Dengan pembangunan prioritas yang ada di Sulut, lewat potensi prioritas ekonominya, yang berdampak 1,51% terhadap pertumbuhan ekonomi. Maka optimistis target pertumbuhan ekonomi 2021 sebesar 7% dapat terlampaui,” tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia 
Sulawesi Utara Peter Jacobs dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Sulawesi Utara 2016 bertajuk Mengoptimalkan Potensi Memperkuat Resiliensi, Selasa (6/12/16).
 
Hanya saja, menuju capaian tersebut ada beberapa hambatan, seperti kualitas SDM yang rendah, infrastruktur listrik yang belum memadai, runway bandara yang relatif pendek, produksi pertanian yang stagnan, industri yang tidak terdiversifikasi, hingga potensi pariwisata yang tidak dimanfaatkan secara optimal.
 
Menanggapi proyeksi yang disajikan Bank Indonesia, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menganggap masukannya begitu positif bagi pembangunan daerah. 
 
Orang nomor dua di Sulut ini mengungkapkan, peluang ekonomi yang disajikan ditambah dengan terobosan yang dilakukan ODSK akan teralisasi. Pada kuartal III/2016, pembangunan ekonomi Sulut tercatat 6,01%, Bank Indonesia memproyeksi sepanjang tahun ini, Sulut akan mencatat pertumbuhan berkisar 6% - 6,4%.
 
“Terobosan harus dilakukan, koordinasi baik dengan pemerintah pusat dan teman-teman kabupaten/kota harus terus digalakkan,” katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper