Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Tekankan Keadilan Bagi Pekerja

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menekankan pentingnya penciptaan lapangan pekerjaan yang layak demi menaikkan taraf kesejahteraan para pekerja, buruh dan juga para pengusaha.
Buruh menikmati makan siang di Pasar Cipinang Jakarta/Reuters-Garry Lotulung
Buruh menikmati makan siang di Pasar Cipinang Jakarta/Reuters-Garry Lotulung

Bisnis.com, DENPASAR - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menekankan pentingnya penciptaan lapangan pekerjaan yang layak demi menaikkan taraf kesejahteraan para pekerja, buruh dan juga para pengusaha.

"Hal itu sangat sesuai dengan dasar negara kami Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945, yaitu menjamin keadilan sosial bagi seluruh rakyat, dan komitmen ILO yang ingin menciptakan keadilan dan kesejahteraan para pekerja saya pandang sudah sejalan," ujarnya ‎saat membuka secara resmi Sidang Umum the 16th Asian and the Pacific Regional Meeting (APRM) of International Labour Organization (ILO) di Nusa Dua, Bali, Selasa (6/12/2016).

Dalam siaran pers yang diperoleh Bisnis, Jusuf Kalla juga memberi perhatian serius terhadap upaya penanggulangan permasalahan pengangguran. Meskipun kata dia tingkat perekonomian Indonesia sudah lebih baik dari beberapa negara tetangga, namun pengangguran masih menjadi masalah serius yang harus ditangani.

Dia berharap Indonesia bisa mendapatkan masukan yang komperehensif terkait dengan pengurangan pengangguran di Indonesia. Di sisi lain, dirinya juga mengingatkan para pekerja terutama buruh untuk selalu memperbaharui keterampilan mereka, terutama di bidang teknologi dan informasi.

Seiring perkembangan jaman, kedua komponen itu sangat dibutuhkan untuk mempermudah segala hal yang menyangkut dunia kerja.

"Saya tidak ingin para pekerja dan buruh ditinggalkan teknologi, karena tanpa itu kita tidak bisa memenuhi tuntutan zaman," imbuhnya.

Pada akhirnya JK berharap terbangun koordinasi yang baik antara pemerintah, pengusaha dan buruh demi mewujudkan lapangan kerja yang layak. Ia juga berharap ada kerjasama antar negara demi menampung tenaga kerja yang semakin banyak, karena hal itu juga tidak lepas dari upaya kita bersama demi mencapai pertumbuhan ekonomi yang maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper