Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Selandia Baru Tiba-tiba Umumkan Pengunduran Diri Hari Ini

Perdana Menteri Selandia Baru John Key secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (5/12/2016).
Bendera Selandia Baru/Istimewa
Bendera Selandia Baru/Istimewa

Kabar24.com, WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru John Key secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (5/12/2016). Dia mengatakan pengunduran dirinya adalah waktu yang tepat untuk keluar dari perpolitikan setelah menjabat selama lebih dari delapan tahun.

Key mengatakan dia tidak memiliki rencana ke depan dalam waktu dekat ini. Namun dia mengatakan kepada para wartawan dia akan berada dalam parlemen cukup lama untuk menghindari sebuah penunjukan orang langsung untuk menduduki jabatannya. 

"Tidak mungkin saya dapat menjabat sepenuhnya dalam masa jabatan yang keempat," ucapnya.

Key mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Wellington bahwa alasan keluarga atas kepergiannya. "Saya rasa dalam realitanya jika saya menjabat enam bulan atau secara penuh, saya tidak akan dapat menghindari diri saya akan menghadap kamera dan mengatakan "saya akan menjabat selama tiga tahun penuh".

Key, mantan penyedia pertukaran asing yang bekerja di sejumlah perusahaan seperti Merrill Lynch, mendapatkan kedudukannya untuk Partai Nasional pada 2008, mengakhiri pemerintahan Helen Clark dari Partai buruh.

Dia mendapatkan pujian atas kinerjanya terkait perekonomian senilai US$170 miliar pascakrisis finansial global dan dua gempa bumi di sekitar Christchurch. Kaukus Partai Nasional akan mengadakan pertemuan pada 12 Desember mendatang untuk menunjuk pemimpin partai dan perdana menteri yang baru.

Key mengatakan dia akan memilih wakilnya yang merangkap sebagai menteri keuangan Bill English untuk meneruskan kedudukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper