Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGAWASAN UMRAH: Kemenag Rilis Aplikasi SIMPU Online dan Umrah Cerdas

Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama melakukan penataan perangkat monitoring penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah (PPIU) di Tanah Air. Untuk memperkuat pengawasan, Ditjen PHU menyempurnakan sistem monitoring dan pelaporan PPIU
./.Antara
./.Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama melakukan penataan perangkat monitoring penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah (PPIU) di Tanah Air. Untuk memperkuat pengawasan, Ditjen PHU menyempurnakan sistem monitoring dan pelaporan PPIU.

Penyempurnaan ini diwujudkan dalam bentuk aplikasi SIMPU (Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Umrah) Online yang dirilis bersamaan dengan peluncuran media edukasi dan pelayanan publik berupa aplikasi UMRAH CERDAS di Bandung, Jumat (2/12/2016).

Dalam sambutannnya, Dirjen PHU Abdul Djamil menyampaikan, aplikasi SIMPU ditujukan bagi para stakeholder penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang meliputi: Ditjen PHU, Kanwil Kemenag Provinsi, serta Provider Visa dan PPIU.

Melalui aplikasi SIMPU, travel umrah yang memberangkatkan jemaah harus meng-update laporan jemaahnya sehingga data jumlah jemaah yang telah melaksanakan umrah valid dan sinkron dengan data Pemerintah Saudi Arabia.

"Aplikasi SIMPU lebih mengarah pada pengendalian pelaporan yang antara lain berisi tentang data jemaah, nomor visa, nomor paspor dan lainnya," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Sabtu (3/12/2016).

Menurut Abdul Djamil, aplikasi SIMPU online ini sudah menjadi kebutuhan mendesak terkait pelayanan yang smart. Selama ini, sistem pelaporan bersifat manual, sehingga lambat dan terhambat.

"SIMPU Online ini merupakan upaya Ditjen PHU terkait pelayanan yang serba smart," katanya.

Mantan Dirjen Bimas Islam ini berharap, dengan SIMPU sistem pelaporan menjadi lebih disiplin, sehingga angka statistik jemaah lebih akurat.

Terkait UMRAH CERDAS, Abdul Djamil menjelaskan bahwa aplikasi itu diperuntukkan bagi jemaah umrah atau masyarakat luas. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa lebih mudah mengetahui travel mana saja yang berizin.

Aplikasi ini juga memuat konten terkait doa-doa umrah, info kesehatan, serta sarana pengaduan masyarakat dan ruang tanya jawab terkait umrah.

"Aplikasi UMRAH CERDAS ini berbasis android dan bisa diunduh di internet," lanjut Abdul Djamil. "SIMPU dan UMRAH CERDAS merupakan komitmen pemerintah dalam penyelenggaraan umrah yang tertib aturan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper