Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibu Negara ke Sumbar Galakkan Pendidikan Karakter

Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut memberikan peran aktif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di seluruh Indonesia.
Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo/Antara
Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut memberikan peran aktif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di seluruh Indonesia.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Barat, pada Kamis (1/12/2016), Ibu Iriana juga memanfaatkannya untuk melakukan peninjauan Pelatihan Akbar Guru PAUD yang sedang diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Padang. Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 1500 guru dari seluruh Provinsi Sumatera Barat tersebut, mendapat apresiasi yang tinggi dari Ibu Negara.

Di sela-sela peninjauan, Ibu Iriana menyempatkan diri melakukan sesi tanya jawab dengan sejumlah guru, salah satunya adalah tentang cara para guru menerapkan pendidikan karakter seusai mengikuti pelatihan.

Sri Utami guru PAUD asal Jawa Tengah yang telah 14 tahun mengajar di PAUD Mardatillah, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, mengatakan pihaknya ingin menerapkan apa yang dia dapatkan dari pertemuan tersebut.

“Karena untuk sekarang ini terus terang dari karakter anak-anak sekarang ini sangat terpengaruh oleh media dan budaya. Dan itu menjadi PR (pekerjaan rumah) juga bagi kita, karena menurut saya gurunya dulu yang harus berkarakter sebelum kita memberi (pendidikan) karakter ke anak-anak," katanya, seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (1/12/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana beserta rombongan juga turut menyaksikan pembacaan puisi dalam bahasa Minang yang dipersembahkan oleh sejumlah perwakilan guru PAUD. Ibu Iriana pun mengapresiasi kebhinekaan Indonesia yang tetap terjaga walaupun terdiri dari keberagaman budaya dan bahasa daerah.

"Tadi juga ada puisi dengan bahasa Minang, tapi tadi Ibu Gubernur telah menjelaskan, alhamdulillah biarpun kita berbeda bahasa, suku, agama tetapi kita tetap satu," ujar Ibu Iriana.

Selain itu, Ibu Iriana juga merasa bangga atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan yang tidak hanya diikuti oleh para guru namun juga para pengelola Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK) hingga PAUD. "Berarti disini tidak hanya guru saja, tetapi juga pengelola sekolah," imbuhnya.

Sebelumnya, Ibu Iriana beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Qatrinnada yang berlokasi di Harka Pasir Permai A1 Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dengan menggunakan bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper