Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET TRUMP: Pemodal Hollywood Kandidat Terkuat Menkeu AS

Pemilik modal Hollywood yang juga mantan bankir Goldman Sachs Steven Mnuchin disebut-sebut menjadi kandidat terkuat sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat dalam kabinet pemerintahan Donald Trump.
Steven Mnuchin, kandidat Menkeu AS/Reuters-Fred Prouser
Steven Mnuchin, kandidat Menkeu AS/Reuters-Fred Prouser

Kabar24.com, WASHINGTON—Pemodal Hollywood yang juga mantan bankir Goldman Sachs Steven Mnuchin disebut-sebut menjadi kandidat terkuat sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat dalam kabinet pemerintahan Donald Trump.

Presiden terpilih AS Donald Trump diperkirakan memilih mantan mitranya dari Goldman Sachs yang menjadi ketua pendanaan saat kampanye pemilihan presiden lalu.

“Pemilihan menteri keuangan oleh Trump akan dilakukan secepatnya Rabu,” ungkap seorang sumber dari Partai Republik seperti dikutip Reuters, Selasa (29/11/2016) waktu setempat atau Rabu WIB.

Mnuchin terpilih di antara beberapa kandidat berpengalaman lain, termasuk Direktur JPMorgan Jamie Dimon dan Perwakilan Partai Republik AS Jeb Hensarling, yang juga menjabat kepala House Financial Services Committee (HFSC).

Jika terpilih, Mnuchin mewakili sosok pebisnis Wall Street yang kembali masuk pada kabinet ekonomi AS. Dia akan tercatat sebagai orang pertama dengan pengalaman luas di Wall Street yang memimpin Kementerian Keuangan selama 10 tahun terakhir.

Sebelumnya, mantan bos Mnuchin, Henry Paulson, mantan Kepala Eksekutif Goldman Sachs, yang bertugas di bawah Presiden George W. Bush. Paulson mengelola sistem keuangan AS melewati tahap awal yang kacau terkait krisis keuangan pada 2008-2009.

Menteri Keuangan saat ini, Jack Lew, bekerja selama dua tahun di Citigroup, namun telah menghabiskan sebagian besar kariernya di pemerintahan atau dunia pendidikan.

Mnuchin menghabiskan waktu berkarier selama 17 tahun di Goldman Sachs sebagai manajer private equity investor dan lindung nilai yang sukses, meski namanya tak banyak diketahui orang. Pada 2002, dia mengundurkan diri ketika meluncurkan Dune Capital Management.

Melalui Dune, Mnuchin berinvestasi pada bisnis film yang diproduksi oleh 20th Century Fox milik Rupert Murdoch dan Warner Bros milik Time Warner Inc, termasuk film blockbuster Avatar, Mad Max: Fury Road, dan Suicide Squad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Saeno
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper