Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SELEKSI KPU BAWASLU: 47 Pelamar Tidak Lolos Administrasi

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menilai proses rekruitmen penyelenggara Pemilu tingkat nasional yang sedant berlangsung akan semakin kompetitif.
KPUD DKI/Antara
KPUD DKI/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menilai proses rekruitmen penyelenggara Pemilu tingkat nasional yang sedant berlangsung akan semakin kompetitif.

Masykurudin Hafidz, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyatakan dari 564 orang pendaftar calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebanyak 517 orang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi dan 47 tidak memenuhi. 

Jumlah pendaftar yang lolos administrasi ini cukup banyak bila dibandingkan dengan seleksi KPU dan Bawaslu periode sebelumnya di 2012. Saat itu terdapat 900 pendaftar. Dari jumlah tersebut yang memenuhi syarat administrasi hanya 166 pelamar. 

"Banyaknya pendaftar yang memenuhi syarat administrasi dan berhak mengikuti seleksi berikutnya, membuat proses rekruitmen penyelenggara Pemilu tingkat nasional ini semakin kompetitif," ujar Masykurudin melalui aplikasi Whatsapp, Sabtu (26/11/2016). 

Dia mengatakan jika dirinci yang lolos administrasi sebagai penyelenggara pemilu 2017, terdapat 325 berkas pendaftar untuk menjadi anggota KPU. Dari jumlah ini yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 300, sementara 25 pendaftar tidak memenuhi. Sedangkan dari 239 pendaftar Bawaslu, yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 217, sementara 22 tidak memenuhi.

Masykurudin menilai membaiknya jumlah peserta tidak lepas dari langkah tim seleksi  melakukan proses seleksi administratif secara alamiah. Formulir pendaftaran yang disusun secara sistematik pada akhirnya membuat para pendaftar harus menunjukkan kompetensi dan pengalamannya dalam bidang kepemiluan secara rinci.

"Jika tidak dapat menunjukkan hal tersebut dalam formulir pendaftaran yang dibuat tim seleksi, maka mengurungkan niat untuk melakukan pendaftaran," katanya.

Dia mengatakan, semakin banyak pendaftar yang dapat menunjukkan pengetahuan dan pengalamannya dalam menyelenggarakan Pemilu lima tahun mendatang, maka keinginan untuk mewujudkan komposisi KPU dan Bawaslu yang ideal semakin terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper