Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dongkrak Kunjungan Turis, Bali Gelar Denpasar Festival 2016

Denpasar Festival 2016 bakal digelar kembali untuk kesembilan kalinya. Acara ini akan menjadi salah satu agenda penutup tahun yang diselenggarakan di Kota Denpasar, Bali, 28-31 Desember 2016.
Tari Bali/Antara
Tari Bali/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Denpasar Festival 2016 bakal digelar kembali untuk kesembilan kalinya. Acara ini akan menjadi salah satu agenda penutup tahun yang diselenggarakan di Kota Denpasar, Bali, 28-31 Desember 2016. 

Deputi Bidang  Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman bersama Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra meluncurkan  Denpasar Festival 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa malam (22/11/2016).

Walikota Denpasar, Bali I.B. Dharmawijaya Mantra mengatakan,  penyelenggaraan Denpasar Festival berawal dari keinginan untuk mengingat kembali masa lalu suasana Jalan Gajahmada sebagai pusat ajang kreativitas warga Denpasar. 

“Semangat dan gairah kreativitas masyarakat Kota Denpasar menginspirasi Pemerintah Kota untuk membuat dan mengagendakan Gajah Mada Town Festival menjadi even kalender tahunan. Sebagai aktualisasi terhadap dinamisasi peran serta masyarakat, pada pelaksanaan tahun kedua Gajah Mada Town Festival berubah menjadi Denpasar Festival,” katanya dalam keterangan tertulis.

Denpasar Festival 2016 yang bertema "Padmaksara" bakal diisi dengan beragam pementasan dan art installation “Ebullience” sebagai bentuk suka cita dalam melepas akhir tahun dan menyambut tahun berikutnya di Alun–alun / lapangan Puputan Badung sebagai pusat seluruh kegiatan Festival. 

Even ini diharapkan mampu mempromosikan pariwisata Denpasar serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. Selain agenda tersebut, Bali gencar menggelar even menarik lainnya saat menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru seperti Festival Panglipuran dan Festival Pandawa. 

Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi  sebesar 40% dari total kunjungan wisman. Dari 10,4 juta wisman ke Indonesia pada 2015, ada 4 juta yang masuk lewat Bali. Pada tahun ini, targetnya ditingkatkan menjadi 4,4 juta - 4,8 juta kunjungan dari total target pariwisata nasional sebesar 12 juta kunjungan wisman. 

Berdasarkan data Kemenpar, secara kumulatif total kunjungan wisman Januari - September 2016 mencapai   8,36 juta, meningkat 8,51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7,7 juta. 

“Pertumbuhan wisman yang tinggi ini, harus ditingkatkan dengan menggelar even-even menarik yang bersumber dari daya tarik seni budaya (culture), alam (nature) maupun manmade,” kata Dadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper