Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Belanda & Jokowi Akan Bahas Kerja Sama Ekonomi

Perdana Menteri Belanda dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 23 November.
PM Belanda Mark Rutte asyik berbincang dengan Jokowi/beritaJakarta.com
PM Belanda Mark Rutte asyik berbincang dengan Jokowi/beritaJakarta.com

Kabar24.com, JAKARTA – Perdana Menteri Belanda dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 23 November.
 
Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, PM Mark Rutte akan melakukan Kunjungan Kerja selama tiga hari, pada 21-23 November 2016.
 
Rutte datang bersama 3 menteri, yaitu Menteri Kerja Sama Perdagangan dan Pembangunan Lilianne Ploumen, Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Melanie Schultz dan State Secretary Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Sharon Dijksma.  
 
Delegasi diperkuat dengan kehadiran sejumlah pejabat tinggi pemerintah, kalangan pendidikan, serta 200 pelaku usaha dari 110 perusahaan Belanda yang bergerak di sektor pengelolaan air dan kemaritiman, pengelolaan sampah, kesehatan dan life sciences, serta pertanian.
 
Ketiga Menteri pendamping akan melakukan rangkaian kegiatan dan diskusi dengan sejumlah Menteri Kabinet RI untuk mendiskusikan penguatan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, lingkungan dan kemaritiman, serta pengelolaan air.
 
Belanda adalah mitra komprehensif Indonesia sejak dideklarasikannya Joint Declaration on the Comprehensive Partnership pada tahun 2013.

Adapun, Belanda merupakan salah satu mitra dagang terbesar bagi Indonesia di Uni Eropa, dengan nilai perdagangan USD 4,22 miliar tahun 2015, dan USD 2,46 miliar di paruh pertama 2016.

Belanda juga salah satu investor utama di Indonesia, dengan nilai investasi USD 1,31 miliar tahun 2015, dan USD 631 juta di semester pertama 2016.
 
Sebelum bertemu Presiden Jokowi, pada 22 November Rutte akan melakukan kunjungan khusus ke Semarang, di mana kedekatan sejarah dan budaya kedua negara terefleksikan secara khas di kota tersebut
 
Kota Semarang dan kota Demak di Jawa Tengah juga kembangkan kerjasama tata kelola air bersama Belanda untuk menghadapi ancaman banjir.
 
Dalam kerangka kerjasama penanganan terorisme, Rutte juga akan kunjungi Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation/JCLEC. Dia juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Ketua DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper