Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapor ke Polisi, Warga Jakarta Bisa Gunakan Aplikasi Siap PMJ

Aplikasi Siap PMJ milik Polda Metro Jaya rencananya akan siap melayani warga Jakarta mulai 27 Oktober 2016. Meski begitu, aplikasi Siap PMJ saat ini sudah dapat diunduh di Playstore pada ponsel berbasis Android.
Ilustrasi polisi mengamankan kerusuhan/Antara
Ilustrasi polisi mengamankan kerusuhan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Aplikasi Siap PMJ milik Polda Metro Jaya rencananya akan melayani warga Jakarta mulai 27 Oktober 2016.

Meski begitu, aplikasi Siap PMJ saat ini sudah dapat diunduh di Playstore pada ponsel berbasis Android. Polda Metro Jaya berkerja sama dengan startup lokal, MyAppsTechIndo, membuat aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melaporkan peristiwa yang memerlukan bantuan kepolisian.

“Aplikasi ini adalah bentuk keinginan kepolisian untuk lebih cepat mengetahui keadalan di lapangan melalui laporan warga,” ujar Direktur MyAppsTechIndo Aryo H. Notowidigdo kepada Bisnis, Sabtu (22/10/2016).

Aplikasi ini memiliki konsep serupa dengan yang telah diterapkan di Jawa Timur. Perbedaannya, Siap PMJ sudah mengintegrasikan seluruh tingkat kepolisian, mulai Polsek hingga Polda.

“Katakanlah begini, Polsek Tambora tidak bisa meng-cover laporan, otomatis akan eskalasi ke Polres Jakbar. Kurang juga, eskalasi ke Polda secara langsung,” ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan seluruh laporan masyarakat dapat direspons dengan cepat. Menurut Aryo, aplikasi ini cukup ringan dan mudah digunakan. Tampilannya sederhana dengan fitur-fitur yang terpampang begitu pengguna membuka aplikasi.

Tombol terbesar ialah tombol SOS, tanda bahaya untuk segera meminta respons dari kepolisian. Selain itu ada tombol “LAPOR” yang berfungsi mengirimkan laporan dalam betuk teks, foto, dan video.

Ada juga tombol “POLISI TERDEKAT” yang dapat menunjukan pos polisi terdekat dari lokasi pengguna aplikasi. Kemudian, juga ada tombol “ALARM”. Fitur ini untuk mengaktifkan suara terkeras ponsel pengguna sehingga akan menarik perhatian orang sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper