Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Iklim, Bank Dunia Kucurkan US$2 Miliar ke Bangladesh

Bank Dunia berkomitmen untuk mengucurkan pendanaan sebesar US$2 miliar dalam tiga tahun ke depan untuk Banglades guna mengurangi kerentanan negara di Asia Selatan itu dari dampak buruk perubahan iklim.
/library.sbbc.edu
/library.sbbc.edu

Kabar24.com, JAKARTA--Bank Dunia berkomitmen untuk mengucurkan pendanaan sebesar US$2 miliar dalam tiga tahun ke depan untuk Banglades guna mengurangi kerentanan negara di Asia Selatan itu dari dampak buruk perubahan iklim.

Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim telah menyelesaikan kunjungannya di Banglades pada 18 Oktober 2016. Tujuan kunjugan tersebut, yakni meninjau kisah sukses Banglades dalam mengurangi jumlah kemiskinan ekstrim.

"Bangladesh termasuk negara yang paling berisiko mengalami dampak negatif perubahan iklim. Risiko tersebut akan menekan keluarga miskin," ujar Kim dalam keterangan pers yang dikutip Jumat (21/10).

Untuk itu, Bank Dunia berkomitmen untuk mengucurkan pendanaan untuk membuat Bangladeh siap menanggulangi dampak perubahan iklim. Komitmen yang disiapkan dalam tiga tahun ke depan sebesar US$2 miliar. Jumlah tersebut merupakan tambahan dari komitmen pengentasan anak lahir kerdil senilai US$1 miliar.

"Banglades punya determinasi untuk memberikan kesempatan yang lebih baik kepada anak-anak. Komitmen itu perlu didukung kemampuan pemerintahnya dalam mengatasi dampak perubahan iklim, membangun infrastruktur, mengembangkan SDM, tat kelola, dan menarik investasi swasta," papar Kim.

Sejak Banglades menyatakan kemerdekaannya, Grup Bank Dunia menjadi mitra pembangunan terbesar dengan mengucurkan pendanaan pembangunan sebesar lebih dari US$24 miliar.

Saat ini, Bangladeh menjadi penerima pinjaman terbesar dari International Development Association dengan total komitmen sebesar US$9,5 miliar untuk 38 proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper