Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB: Gempa Pantura 6,5 SR Tidak Picu Tsunami

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR yang terjadi pada pagi ini, Rabu (19/10/2016) pukul 07.25 WIB tidak membangkitkan tsunami
Ilustrasi./.JIBI
Ilustrasi./.JIBI

Kabar24.com, JAKARTA- Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR yang terjadi pada pagi ini, Rabu (19/10/2016) pukul 07.25 WIB tidak membangkitkan tsunami.

Posko BNPB telah mengkonformasi dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah. Beberapa wilayah di bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama 5 hingga 8 detik. Masyarakat di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang dilaporkan merasakan guncangan tetapi lemah.

BMKG melaporkan gempa dengan magnitido 6,5 SR berpusat di Laut Jawa  pada kedalaman 120 km dan kedalaman 654 km. 

"Masyarakat di Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen merasakan guncangan yang lebih kuat. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

WASPADA GEDUNG TINGGI

Dia menjelaskan kejadian gempa ini cukup aneh karena bersumber pada daerah-daerah sesar atau subduksi yang sering muncul gempa tetapi di dalam lempeng Eurasia. Hal ini perlu diantisipasi agar bangunan-bangunan tinggi harus dibangun dengan konstruksi tahan gempa.

Jabodetabek termasuk daerah rawan gempa yang sumbernya bukan di wilayah itu tetapi dari daerah sekitarnya.

"Bukan hanya bangunan yang perlu disiapkan tetapi manusianya juga harus disiapkan agar siap menghadapi gempa yang dapat terjadi kapan saja," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper