Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan di Jabar Bulan November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi puncak musim hujan tahun 2016 di wilayah Jawa Barat akan terjadi November.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi puncak musim hujan tahun 2016 di wilayah Jawa Barat akan terjadi November.

"Oktober ini hampir seluruh wilayah di Jawa Barat sudah memasuki musim hujan dan puncaknya kami prediksi akan terjadi di November nanti. Sehingga akan terjadi peningkatan intensistas curah hujan sampai beberapa bulan ke depan," kata Staf Data dan Informasi BMKG Yuni Yulianti, di Bandung, Senin (10/10/2016).

Dia menuturkan, curah hujan bulanan yang terjadi selama bulan Oktober hingga November 2016 diperkirakan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni mencapai 200 hingga 400 mm per bulannya.

"Secara keseluruhan 200-400 mm, tapi sebagian wilayah Pantura Jabar seperti Indramayu, Subang itu curah hujannya mencapai 151-300 mm per bulan," kata dia.

Menurut dia, intensitas hujan di wilayah Bandung Raya saat ini juga sudah mengalami peningkatan seperti di Bandung Utara mencapai 53,1 mm per hari, Bandung Selatan mencapai 60 mm per hari dan Bandung Timur mencapai 41 mm per hari.

"Sebelumnya intensitas hujan di wilayah Bandung Raya itu hanya 10-1 mm per harinya," ujarnya.

Selama musim hujan ini, lanjut Yuni, BMKG Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya angin kencang.

"Di Jabar termasuk wilayah yang di-warning. Warning terhadap curah hujan yang tinggi dan potensi ada angin kencang. Ini terjadi karena adanya tekanan rendah di samudera hindia, ada sirkulasi angin tetutup di sekitar laut jawa, kelembaban udara juga masih tinggi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper