Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Rumah Sakit Pratama akan beroperasi di Kaltim

Pemprov Kalim terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Ilustrasi/compassphs
Ilustrasi/compassphs

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemprov Kalim terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan baik melalui layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) maupun Puskesmas 24 jam serta membangun Rumah Sakit (RS) Pratama di wilayah pedalaman dan perbatasan

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Rini Retno Sukesi mengatakan Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Upaya itu dilakukan sesuai dengan visi misi yang telah disusun. Salah satunya melalui peningkatan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas maupun rumah sakit pratama di daerah.

"Puskesmas sangat berperan memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan kelompok masyarakat. Hadirnya puskesmas dan puskesmas 24 jam diharapkan memberikan pelayanan maksimal bagi pertolongan pertama gawat darurat, termasuk pembangunan rumah sakit pratama yang ada di Sangkulirang, Kutai Timur dan Talisayan, Berau sudah siap diresmikan pengoperasiannya," ujarnya seperti yang dikutip, Minggu (9/10/2016).

Pembangunan sarana dan fasilitas kesehatan berupa puskesmas 24 jam maupun rumah sakit pratama di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil sesuai dengan nawacita pembangunan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Dalam nawacita tersebut memuat keinginan pemerintah untuk melakukan pembangunan yang dimulai dari daerah pinggiran. Dalam hal ini daerah atau kawasan pinggiran adalah kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil. "Pembangunan sarana dan prasarana kesehatan berupa rumah sakit maupun puskesmas sebagai bagian upaya pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi," katanya.

Dia berharap pada November mendatang, dua rumah sakit tersebut bisa beroperasi sehingga masyarakat semakin dekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk RS Pratama di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), lanjut Rini, saat ini masih dalam proses penyelesaian khususnya terkait sarana dan fasilitas lainnya dan diharapkan 2017 mendatang juga sudah siap dioperasikan.

"Untuk RS Pratama di Mahulu sangat diperlukan oleh masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan sehingga RS pratama sangat penting untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper