Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Jamaah Haji Asal Jateng Belum Bisa Pulang ke Indonesia

Karena alasan kesehatan, 9 jamaah haji dan satu pendamping masih tertinggal di Arab Saudi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, BOYOLALI - Karena alasan kesehatan, 9 jamaah haji dan satu pendamping masih tertinggal di Arab Saudi.

Sebanyak 10 jamaah haji asal Debarkasi Surakarta Jawa Tengah, hingga kedatangan kelompok terbang 40, masih tertinggal di Arab Saudi.

Sepuluh jamaah haji masih tertinggal di Arab Saudi, belum dapat dipulangkan bersama kloternya karena sakit sebanyak sembilan orang, sedangkan yang satu pendamping, kata Kepala Subbidang Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta Agus Widakdo, di Boyolali, Selasa (4/10/2016).

Menurut Agus Widakdo sembilan jamaah haji yang sakit tersebut dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak enam orang, sedangkan tiga lainnya, di RS King Faizal, RS An Nur dan RS KKIH Mekah.

"Jamaah yang sakit itu, kebanyakan menderita sakit gangguan pernafasan akibat kelelahan," kata Agus Widakdo.

Kendati demikian, jamaah haji yang masih tertinggal di Arab Saudi akan segera dipulangkan ke Tanah Air, setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter yang merawat bahwa yang bersangkutan layak terbang dengan kloter selanjutnya.

"Jika dokter yang merawat jamaah haji sakit sudah mengizinkan mereka layak terbang akan segera dipulangkan dengan rombongan kloter selanjutnya," kata Agus.

Agus Widakdo mengatakan hingga kedatangan jamaah haji kloter 40 asal Kabupaten Jepara Selasa siang ini, jumlah haji yang meninggak di Tanah Suci sebanyak 44 orang, dan satu lainnya meninggal di dalam pesawat terbang saat perjalanan pulang, serta satu lagi saat perjalanan ke RSU Solo.

Menurut Agus Widakdo PPIH Debarkasi Surakarta hingga Selasa ini, kedatangan sebanyak tiga kloter yakni 38 asal Kabupaten Rembang, 39 (Blora), dan 40 (Jepara).

Rombongan jamaah haji kloter 38 sebanyak 357 orang tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 02.15 WIB, disusul kloter 39 sebanyak 357 pukul 09.03 WIB hanya mengalami keterlambatan sekitar delapan menit dari jadwal semula.

Rombongan jamaah haji asal Jepara sebanyak 359 yang tergabung kloter 40 tiba di Bandara Adi Soemarmo, pada pukul 13.05 WIB atau lebih cepat 24 menit dari jadwal semula.

"Dengan kedatangan haji kloter 40 asal Jepara ini, sehingga jamaah yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing menjadi 14.319 orang dari total yang diberangkatkan tahun ini, ke Tanah Suci, yakni 25.561 orang," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper