Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspadai Cyber Crime Incar Kelompok Lansia

Kaspersky Lab dan B2B International mengungkapkan penjahat siber dewasa ini lebih dominan menargetkan kelompok lansia karena dinilai berperilaku tidak aman pada saat melakukan transaksi online sehingga seringkali ditipu oleh penjahat siber.
Cyber crime/ilustrasi
Cyber crime/ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA‎--Kaspersky Lab dan B2B International mengungkapkan penjahat siber dewasa ini lebih dominan menargetkan kelompok lansia karena dinilai berperilaku tidak aman pada saat melakukan transaksi online sehingga seringkali ditipu oleh penjahat siber.

Andrei Mochola, Head of Consumer Business pada Kaspersky Lab mengemukakan ‎pola kebiasaan kelompok lansia dalam menggunakan Internet didominasi oleh aktivitas belanja online dan melakukan transaksi perbankan yang selama ini dinilai tidak aman, sehingga kelompok tersebut akhirnya menjadi target penjahat siber.

Dia juga mengatakan sampai saat ini masih banyak lansia yang tidak memberikan keamanan tinggi pada devicenya, sebelum melakukan transaksi online perbankan.

‎"Sebagai contoh, mereka biasanya menggunakan pengaturan privasi yang tinggi pada jejaring sosial namun tidak di browser bahkan lebih rendah dibanding kelompok usia lainnya antara 30% vs 38%," tuturnya di Jakarta, Selasa (4/10).

‎Dia juga mengatakan sampai saat ini masih ada sebanyak 94% lansia yang menggunakan email secara teratur dan sebesar 90% kelompok lansia tersebut melakukan transaksi perbankan secara online tanpa melakukan pencegahan serangan penjahat siber dengan memberikan sistem keamanan yang tinggi pada device yang digunakan oleh para lansia.

"Meskipun hasil penelitian ini telah dilaporkan, nyatanya hanya setengah dari kelompok usia ini atau sekitar 49% yang merasa khawatir tentang kerentanan mereka ketika membeli produk secara online dan sebesar 86% tidak percaya mereka adalah target bagi penjahat cyber," katanya.

Selain itu, Mochola juga menjelaskan kelompok lansia tersebut juga tidak pernah menggunakan fungsi keamanan dalam perangkat mereka seperti fitur Find My Device yang tersedia pada seluruh perangkat.‎

Menurutnya, hal tersebut dinilai dapat meningkatkan kerentanan terhadap penjahat cyber jika kelompok tersebut terus beraktivitas online tanpa mengambil tindakan pencegahan.

"Ketika berbagi informasi, hanya 35% kelompok ini yang melakukan double-check sebelum mengirim pesan dan hanya sekitar16% menghindari berbagi informasi ketika sedang kelelahan," ujarnya.

Menurut Mochola, ‎kurangnya kecerdasan pada kelompok usia tersebut dalam berperilaku online telah membuat para lansia menghadapi bahaya dalam berselancar di dunia online.‎

Menurut catatan Kaspersky, sekitar 20% dari pengguna internet secara keseluruhan memiliki kerabat yang lebih tua dan berhadpan dengan software berbahaya serta sekitar 14% memiliki kerabat di kelompok usia yang sama telah tertipu dengan pola penipuan hadiah palsu yang menarik lewat online.

"‎Kami mendorong pengguna internet di kelompok usia ini untuk lebih sadar akan bahaya yang mereka hadapi secara online, dan bertindak lebih cerdas. Kami juga mendorong pengguna internet di usia muda membantu saudara dan teman-teman mereka yang lebih tua untuk dapat melindungi diri dari ancaman yang sangat nyata yang ditimbulkan oleh penjahat cyber," tukasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper