Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENIPUAN: Mantan Manajer Investasi Ini Divonis 5,5 tahun Bui

Mantan manajer investasi Swiss Dieter Behring yang dituduh telah menyurangi 2.000 investor dengan total nilai 800 juta franc atau sekitar US$826 juta divonis 5,5 tahun penjara pada pengadilan hari ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com ZURICH - Mantan manajer investasi Swiss Dieter Behring yang dituduh telah menyurangi 2.000 investor dengan total nilai 800 juta franc atau sekitar US$826 juta divonis 5,5 tahun penjara pada pengadilan hari ini.

Sampai saat ini, Behhring telah membantah melakukan kecurangan itu dan dia pun enggan berkomentar lebih lanjut. Keputusan pengadilan itu pun belum final karena dia masih bisa mengajukan banding.

Selain hukuman itu, Behring juga memerintahkan melakukan penyitaan dan pembekkuan dana dan dia harus membayar kerugian negara senilai 100 juta francs.

Behring dan beberapa mitra berada pada sistem perdagangan dari Basel, Swiss yang menawarkan imbal hasil di atas rata-rata sebelum semuanya runtuh pada 2004.

Behring pun ditangkap pada Oktober 2004 dan memulai penyelidikan terpanjang Swiss sehinggga menjadi terdakwa pada akhir tahun lalu.  Jaksa menuduh Behring mengeruk ratusan juta franc denggan menjanjikan imbal hasil tinggi lewat sistem perdagangan otomatis.

Behring menyebutkan pihaknya menyesal telah membuat kerugian besar, tetapi dirinya juga telah kehilangan sesuatu yang telah dibangun sepanjang satu dekade.  "Kerugian yang terjadi saat itu disebabkan oleh keserakahan," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper