Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Publik : Aduan Masyarakat Harus Ditindaklanjuti

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menegaskan pentingnya tindak lanjut aduan terhadap pelayanan publik yang disampaikan oleh masyarakat.

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menegaskan pentingnya tindak lanjut aduan terhadap pelayanan publik yang disampaikan oleh masyarakat.

Asman Abnur, Menteri PAN-RB, mengatakan pihaknya telah membangun sistem aspirasi dan pengaduan masyarakat, untuk mengawasi pelayanan publik di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mendorong pengelolaan aduan masyarakat yang lebih responsif.

“Kami tidak hanya fokus kepada aduan saja, tetapi juga bagaimana menindaklanjuti asprirasi masyarakat dalam bentuk saran dan kritik membangun,” katanya, Selasa (27/9).

Seperti diketahui, Kementerian PAN-RB membangun sistem aduan LAPOR!-SP4N bersama Kantor Staf Kepresidenan, dan Ombudsman Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri meminta Asman, untuk menjalankan perbaikan kualitas pelayanan publik sebagai program utama. Bahkan, Peraturan Presiden No. 76/2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, menyebut Kementerian PAN-RB sebagai pengelola SP4N.

Selain mendorong penerapan teknologi dalam menangani aduan masyarakat, Asman juga terus berupaya agar daerah menerapkan e-Government. Dengan begitu, pelayanan publik dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Rencananya, Asman akan menyediakan ruang khusus untuk mengelola aduan masyarakat yang terus bertambah. Melalui ruang tersebut diharapkan Asman dapat memantau seluruh aduan yang telah ditindaklanjuti dan belum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper