Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Beli 36 Pesawat Tempur Rafale Senilai US$8,7 Miliar

India menandatangani kesepakatan pembelian 36 pesawat tempur Rafale dengan Prancis senilai 8,7 miliar dolar AS.
Ilustrasi: Pesawat tempur Rafale buatan Prancis/Reuters
Ilustrasi: Pesawat tempur Rafale buatan Prancis/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - India menandatangani kesepakatan pembelian 36 pesawat tempur Rafale dengan Prancis senilai 8,7 miliar dolar AS.

Ini adalah pembelian pesawat tempur terbesar India dalam dua dekade terakhir yang sekaligus sebagai upaya Perdana Menteri Narendra Mod memperkuat armada tempurnya yang sudah menua.

Kekuatan angkatan udara India dipangkas menjadi 33 skuadron, padahal butuh 45 skuadron untuk menghadapi baik China yang mulai bersengketa di perbatasan India-China, maupun Pakistan.

Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian menandatangani kesepakatan itu dengan mitranya dari India, Manohar Parrikar, di New Delhi, mengakhiri pembahasan selama 18 bulan menyangkut syarat-syarat perjanjian antara New Delhi dan perusahaan dirgantara Prancis, Dassault Aviation.

Angkatan udara India sudah lama mengeluhkan adanya kesenjangan besar kekuatan tempur udara India dengan China dan Pakistan. Selama ini armada tempur India terdiri dari wahana tempur buatan Rusia dan lokal yang sudah menua.

India aslinya mengganjar Dassault dengan pesanan 126 jet tempur Rafale pada 2012 setelah jet tempur generasi keempat bermesin ganda itu memenangkan persaingan dari lawan-lawannya. Namun pembahasan itu seketika terhenti.

Modi yang bersumpah akan memodernisasi angkatan bersenjata India dengan anggaran belanja 150 miliar dolar AS, secara personal ikut campur dalam persetujuan pemesanan pesawat dalam jumlah lebih sedikit, 36 unit, sehingga menyemangati angkatan udara India.

Rafale-Rafale pertama yang siap terbang diperkirakan tiba di India sampai 2019 dan India akan memiliki 36 Rafale dalam kurun enam tahun, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper