Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intensitas Hujan Akan Terus Meningkat, BNPB Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman banjir dan longsor.
ilustrasi/Antara
ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Badan Nasional Penanggulangan Bencana menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman banjir dan longsor.

"Hujan akan terus meningkat hingga puncaknya Januari 2017," papar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/9/2016).

Dia juga melaporkan adanya bencana banjir dan longsor di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat dini hari tadi terjadi akibat hujan berintensitas tinggi.

Meluapnya Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri secara cepat menyebabkan banjir bandang hingga ketinggian 1,5 -- 2 meter. 

"Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Garut terdapat 8 orang tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan, dan ratusan pengungsi," tuturnya.

Dia menambahkan pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat. Adapun, ratusan pengungsi ditempatkan di kantor Korem. 

Sementara itu, dalam waktu yang hampir bersamaan terjadi longsor di Desa Cimareme, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang Provinsi Jawa Barat pada Selasa (20/9/2016). Longsor menimbun 2 unit rumah tertimbun tanah longsor. 2 orang ditemukan tewas dan diduga 2 orang masih tertimbun longsor. Pencarian korban masih dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper