Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI PBB: 70% Pengungsi Suriah di Lebanon Di Bawah Garis Kemiskinan

Hasil survei yang disiarkankan oleh PBB pada Senin (19/9) memperlihatkan sebanyak 70 persen pengungsi Suriah di Lebanon masih hidup di bawah garis kemiskinan.
Anak-anak pengungsi Suriah di penampungan Turki/Reuters
Anak-anak pengungsi Suriah di penampungan Turki/Reuters

Bisnis.com, BEIRUT - Hasil survei yang disiarkankan oleh PBB pada Senin (19/9) memperlihatkan sebanyak 70%  pengungsi Suriah di Lebanon masih hidup di bawah garis kemiskinan.

"Sebanyak 70,5%  pengungsi Suriah di Lebanon masih hidup di bawah garis kemiskinan," kata survei tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa (20/9/2016) pagi. Ditambahkannya, jumlah pasti tersebut telah naik dibandingkan dengan jumlahnya pada 2015.

Menurut survei itu, pengungsi Suriah tersebut tetap "sangat rentang terhadap guncangan luar dan sangat mengandalkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup".

Survei itu, yang dikenal dengan nama Vulnerability Assessment of Syrian Refugees, dilakukan setiap tahun di Lebanon oleh Progam Pangan Dunia, Komisariat Tinggi PBB Urusa Pengungsi (UNHCR) dan Dana Anak PBB (UNICEF).

"Nasib buruk ekonomi pengungsi Suriah tidak bertambah buruk separah kondisinya tahun lalu, tapi kami mengetahui bahwa ini terjadi berkat bantuan luar. Situasi bahkan akan bertambah parah tanpa bantuan yang diterima setakat ini," kata Mireille Girard, Wakil UNHCR di Lebanon.

Berdasarkan Rencana Tanggap Krisis Lebanon, US$726 juta telah disuntikkan ke dalam negeri tersebut pada 2016 guna membantu mencegah makin banyak pengungsi jatuh ke bawah garis kemiskinan, kata survei tersebut.

Selain itu, studi tersebut juga mendapati 34% keluarga pengungsi di Lebanon menghadapi kondisi rawan pangan, naik dari 23%  pada 2015. "Ada peningkatan 11% jumlah rumah tangga yang mengurangi pengeluaran mereka untuk membeli makanan dan penurunan tujuh persen mereka yang membeli makanan secara kredit," katanya.

"Temuan itu adalah pengingat buat kita semua bahwa banyak keluarga Suriah di Lebanon melakukan apa saja yang dapat mereka kerjakan dengan sarana terbatas untuk mempertahankan keselamatan dan kesehatan anak mereka," kata Wakil UNICEF di Lebanon Tanya Chapuisat.

"Buat mereka yang telah hidup melewati kerusuhan di Suriah dan menerima kesulitan di negara tuan-rumah, perawatan kesehatan, makanan, dukungan emosi dan pendidikan sangat penting," kata wanita pejabat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/Xinhua-OANA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper