Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keselamatan Nuklir Bapeten-IAEA Tingkatkan Kerja Sama

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama dengan IAEA EPREV (Emergency Preparedness and Response Evaluation) Mission, meningkatkan kerja sama pengembangan dan peningkatan kemampuan nasional dalam hal kesiapsiagaan dan penanggulangan kedaruratan radiologi atau nuklir.
Salah satu kantor Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). / Antara
Salah satu kantor Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). / Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama dengan IAEA EPREV (Emergency Preparedness and Response Evaluation) Mission, meningkatkan kerja sama pengembangan dan peningkatan kemampuan nasional dalam hal kesiapsiagaan dan penanggulangan kedaruratan radiologi atau nuklir.

Kerja sama tersebut, tidak terlepas dari aspek peningkatan infrastruktur badan pengawas, serta koordinasi dan sinergi antar pemangku kepentingan lainnya. IAEA EPREV melakukan kunjungan ke Bapeten pada Senin (19/9/2016).

Delegasi IAEA EPREV terdiri dari Toshimitsu Homma, Rodrigo Salinas, Bushra Nasim, Marjan Tkave, dan  Loch Castle, diterima langsung oleh Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto, didampingi Deputi Perizinan dan Inspeksi Khoirul Huda, Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Dedik Eko Sumargo, serta Kepala Biro Hukum dan Organisasi Taruniyati Handayani, di Gedung Bapeten, Jakarta.

Setelah kejadian kecelakaan Fukushima di Jepang, isu kesiapsiagaan kedaruratan nuklir menjadi penting sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi setiap negara dalam melindungi masyarakat dan lingkungan dari bahaya radiasi.

“Indonesia sendiri telah membentuk Indonesia Center of Excellence on Nuclear Security and Emergency Preparedness (I-CoNSEP) yang bertujuan menjadi wadah koordinasi antar lembaga dalam penanganan isu-isu terkait keamanan nuklir maupun kesiapsiagaan nuklir di tingkat nasional,” tulis Bapeten dalam laman resminya, Senin (19/9/2016).

Dengan adanya I-CoNSEP tersebut, maka seluruh upaya dan kemampuan dalam bidang keamanan nuklir dan kesiapsiagaan nuklir dapat dilaksanakan secara sinergis. I-CoNSEP juga sebagai sarana untuk mempermudah seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan koordinasi, peningkatan kemampuan SDM serta penyediaan dukungan sarana dan prasarana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper