Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo 3 Gelar Aksi Sosial di Kalimantan Tengah

Berkaitan dengan rangkaian kegiatan dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri, Pelindo III (Persero) merealisasikan program tersebut berupa aksi sosial di Provinsi Kalimantan Tengah.
Kamar mandi/Antara
Kamar mandi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Berkaitan dengan rangkaian  kegiatan dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri, Pelindo III  (Persero) merealisasikan program tersebut berupa aksi sosial di Provinsi Kalimantan Tengah.

Beberapa kegiatan di antaranya perbaikan puluhan fasilitas MCK, dan air bersih, serta pemberian pelatihan pengelolaan ternak di desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Selain itu, pemasangan sambungan listrik juga akan dilakukan di beberapa wilayah yang belum mendapat pasokan lisrik hingga saat ini.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heliyanto membuka kegiatan Program Bina Desa yang berlangsung di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Desa Sumber Makmur selama dua hari dimulai pada Kamis (15/9/2016).

Acara yang bermaterikan bimbingan teknik pembuatan pakan ternak diikuti oleh sedikitnya 50 orang peserta yang bersal dari enam kelompok tani. Para peserta diberikan pembekalan oleh para instruktur dari Balai Penyuluhan dengan materi pengolahan pakan ternak, kesehatan hewan, dan gangguan reproduksi.

Bahan baku pengolahan pakan ternak sapi berasal dari pelepah kelapa sawit dan beberapa campuran lainnya, salah satunya bungkil. Tidak hanya itu, para peserta  juga diberikan bantuan alat kerja berupa satu unit pengolah pakan ternak sapi terdiri dari mesin pencacah dan mixer.

“Hal ini merupakan metode untuk memanfaatkan limbah pohon kelapa sawit yang banyak terdapat di sekitar desa Sumber Makmur yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ucap Toto dalam siaran pers yang dilansir Sabtu (17/9/2016).

Sedangkan terhadap bantuan pembuatan 50 MCK, Pelindo III telah berkoordinasi  dengan Dinas Kesehatan setempat terkait lokasi penempatan toilet umum tersebut. 

Ada tiga tempat yang perlu dukungan pemasangan MCK di Kotawaringin Timur, yakni dua untuk sekolah dasar dan satu  di Taman Kota Sampit.

“Dinas Kesehatan juga mengarahkan ke beberapa wilayah seperti Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, Pulau Hanaut, dan Mentaya Hilir Utara. Namun, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut lebih diutamakan karena sangat memerlukan,” kata GMPelindo III Sampit, Agus Dwi Wahyono.

“Kegiatan pembangunan MCK tersebut mendapat dukungan dari warga dan Dinas Kesehatan setempat,  karena sejalan dengan program “Stop Buang Air Besar Sembarangan”  karena masih banyak warga buang air besar di sungai yang sangat berisiko bagi kesehatan,” ujar Agus.

Pelindo III juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum guna mempermudah proses pengerjaannya. Selain itu, kerja sama dengan dinas kesehatan sedang dilakukan guna pelaksanaan sosialisasi kesehatan lingkungan ke Sekolah Dasar yang rencana kegiatannya akan dimulai pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper