Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG: Waspadai Banjir Bulan Oktober

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah rawan banjir dan longsor mewaspadai peningkatan intensitas dan curah hujan pada musim hujan 2016-2017 yang diprakirakan mulai berlangsung pada bulan Oktober.
Banjir/Ilustrasi-JIBI Photo
Banjir/Ilustrasi-JIBI Photo

Kabar24.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah rawan banjir dan longsor mewaspadai peningkatan intensitas dan curah hujan pada musim hujan 2016-2017 yang diprakirakan mulai berlangsung pada bulan Oktober.

"Ini karena La Nina diprakirakan masih akan berlangsung hingga bulan Januari 2017 sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan curah hujan selama musim hujan. Dalam hal ini, curah hujannya diprakirakan di atas normal akibat pengaruh La Nina," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/9/2016).

Berdasarkan pengamatan BMKG terhadap curah hujan selama musim kemarau 2016 di Cilacap tercatat sangat tinggi akibat pengaruh La Nina.

Dia mencontohkan, curah hujan pada bulan Juli tercatat mencapai 754 milimeter, sedangkan dalam kondisi normal hanya 118 milimeter per bulan.

Sementara, pada bulan Agustus, kata dia, mencapai 327 milimeter atau meningkat hampir tiga kali lipat dari kondisi normal yang sebesar 90 milimeter per bulan.

"Bahkan, curah hujan bulan September yang normalnya sebesar 270 milimeter namun akumulasi curah hujannya sejak tanggal 1 hingga 13 September telah mencapai 168 milimeter. Yang dikhawatirkan bulan November yang normalnya 507 milimeter bisa jauh lebih tinggi," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir dan longsor dengan adanya peningkatan curah hujan akibat pengaruh La Nina.

Disinggung mengenai masa pancaroba, Teguh memprakirakan masa peralihan dari kemarau menuju musim hujan tidak terjadi karena pengaruh La Nina mengakibatkan terjadinya hujan sepanjang tahun 2016.

Kendati demikian, dia mengakui jika dalam kondisi normal, bulan September merupakan masa pancaroba di sebagian wilayah Jawa Tengah bagian selatan yang ditandai dengan terjadinya hujan disertai petir.

"Selama bulan September di Cilacap belum terjadi petir namun kalau di Purwokerto memang sudah ada petir karena biasanya sudah memasuki masa pancaroba," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper