Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Layanan Cepat Tanggap Polisi, Unduh Aplikasi Ini

Jika Amerika memiliki 911 (nine one one) maka Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya memperkenalkan aplikasi bernama Siaga Reserse untuk bisa merespon cepat laporan masyarakat.
Aplikasi ini untuk menjawab ketika ingin merespon cepat dan mengurangi kepanikan masyarakat.
Aplikasi ini untuk menjawab ketika ingin merespon cepat dan mengurangi kepanikan masyarakat.

Kabar24.com, JAKARTA - Jika Amerika memiliki 911 (nine one one) maka Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya memperkenalkan aplikasi bernama Siaga Reserse untuk bisa merespon cepat laporan masyarakat.

Jika komunikasi dengan 911 dilakukan melalui sambungan telepon, maka layanan Siaga Reserse bisa didapatkan dengan cara mengunduh aplikasi di Play Store.

"Saat ini baru bisa diunduh untuk pengguna android melalui playstore. Nanti kedepannya akan bisa diunduh oleh pengguna iphone melalui Appstore," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rudy Heriyanto Adinugroho.

Dia menambahkan aplikasi yang dijadwalkan akan di luncur pada akhir bulan September ini diharapkan bisa merespon aduan masyarakat secara cepat. "Ini baru percobaan dan kita akan melakukan uji coba. Ini kan baru soft launching. Saya harapkan kecepatan anggota mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) 5-6 menit," ucapnya.

Sebelum peluncuran  pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui media agar masyarakat paham dengan penggunaan aplikasi ini. "Kita akan sosialisasikan masuk ke program ini agar masyarakat paham dan kita akan buat cara mudah mendownload dan menggunakannya," katanya.

Sementara itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya,  AKBP Hendy F Kurniawan memberikan contoh target penggunaan aplikasi ini.

Dia mengatakan kasus perampokan di Pondok Indah menjadi salah satu contoh, dimana ada jeda waktu selama beberapa jam pada saat kejadian dan laporan ke polisi.

"Kejadian di Pondok Indah ada jeda waktu 4 jam. Warga sudah mulai ramai di rumah korban pukul 06.00 WIB. Namun, polisi baru mendapatkan laporan pukul 10.00 WIB padahal anggota piket kami selalu siap," katanya.

Dia pun berharap dengan adanya aplikasi ini tidak lagi ada kejadian dengan jeda waktu yang cukup lama. "Aplikasi ini untuk menjawab ketika ingin merespon cepat dan mengurangi kepanikan masyarakat dan langsung diterima di web operator kami," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper