Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelajar DIY Paling Sering Mengakses Internet

Minat pelajar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengakses internet tercatat paling tinggi di banding pelajar dari daerah lain di Indonesia.
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Minat pelajar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengakses internet tercatat paling tinggi di banding pelajar dari daerah lain di Indonesia.

"Minat pelajar DIY secara keseluruhan dalam mengakses internet sangat tinggi. Utamanya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)," kata Direktur Statistik Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Badan Pusat Statistik (BPS) Gantjang Amanullah di Jakarta, saat dihubungi dari Yogyakarta, Sabtu.

Meski demikian, kata dia, bisa jadi yang diakses bukan bahan bacaan yang terkait dengan pelajaran di sekolah.

"Orang tua diminta untuk turut serta mendampingi putra-putrinya saat mereka mengakses internet," ujarnya.

Data BPS mencatat, persentase siswa DIY yang mengakses internet dalam tiga bulan terakhir menempati posisi tertinggi dengan angka 57,74 persen. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta 56,21 persen dan Provinsi Kepulauan Riau 43,25 persen.

Komposisi jenjang pelajar DIY yang mengakses internet secara mayoritas dilakukan oleh mahasiswa sebesar 94,73 persen. Namun siswa SMP yang berada di posisi kedua sebesar 81,39 persen, harus mendapat perhatian serius dari orang tua dan guru.

Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh siswa Sekolah Menengah Umum/Kejuruan sebesar 58,67 persen dan siswa Sekolah Dasar 29,86 persen.

BPS mendefinisikan kegiatan mengakses internet adalah ketika seseorang meluangkan waktu untuk mengakses internet baik dengan menggunakan komputer/PC, laptop, ataupun handphone, sehingga ia dapat memanfaatkan atau menikmati fasilitas internet seperti: mencari literatur/referensi, mencari informasi/berita, komunikasi, browsing, e-mail/chatting, game online, dan lain-lain.

Kegiatan mengakses internet merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang dalam berbagai bentuk dalam satu alat, misalkan bersosialisasi melalui facebook, WhatApps, ataupun menyenangkan diri dengan bermain games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper