Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sidang Pembunuhan Mirna: Penyebab Kematian Belum Pasti Kopi Bersianida

Pakar kedokteran forensik Universitas Indonesia, Budi Sampurna, yang menjadi saksi ahli kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin diduga akibat kopi bersianida, tidak bisa memastikan korban meninggal akibat racun sianida.
Racun sianida/actionnews.com
Racun sianida/actionnews.com

Kabar24.com, JAKARTA - Pakar kedokteran forensik Universitas Indonesia, Budi Sampurna, yang menjadi saksi ahli kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin diduga akibat kopi bersianida, tidak bisa memastikan korban meninggal akibat racun sianida.

Budi, dalam keterangannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2016), hanya meyakini bahwa gejala-gejala saat Mirna meregang nyawa sama dengan dampak yang akibat racun sianida.

"Rangkaian gejala harus diperhitungkan seluruhnya. Dalam beberapa hal, kematian korban sesuai dengan ciri keracunan sianida," ujar dia dalam sidang lanjutan perkara dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso tersebut.

Dokter di RSCM tersebut melanjutkan, ada beberapa argumentasi yang menyebabkan kematian itu tidak bisa langsung dipastikan akibat sianida. Selain tidak adanya otopsi, yang menurut Budi bisa, karena keluarga korban menolak, pihak penyidik juga diduga tidak melakukan pemeriksaan lengkap terkait metabolisme tubuh korban.

Hal ini penting karena, berdasarkan literatur dan keahlian Budi, masuknya sianida ke dalam tubuh akan selalu diiringi keluarnya asam tiosianat dari hati dan urine. Kandungan asam ini akan memastikan memang ada sianida yang dikonsumsi oleh Mirna.

"Pertanyaannya apakah ahli toksikologi sudah memeriksa ini? Bisa ditanyakan kembali," ucapnya.

Adapun keterangan dari Budi berbeda dengan dokter forensik di RS Polri Sukanto, Slamet Purnomo, yang menjadi saksi ahli dalam sidang sebelumnya. Pada awal Agustus 2016 itu, Slamet meyakini bahwa Mirna memang meninggal karena sianida yang berasal dari kopi es vietnam.

Alasannya adalah, ditemukan sianida dengan kandungan 0,2 miligram/liter dalam lambung Mirna. "Saya yakin bahwa sianida yang ada di lambung Mirna adalah sisa dari apa yang diminumnya," ujar Slamet.

Slamet sendiri turut melakukan pemeriksaan luar (patologi anatomi) dan pengambilan sampel lambung, hati, empedu dan urine Mirna, sembari menekankan bahwa itu bukanlah tindakan otopsi. Namun, dalam persidangan, dia tidak memaparkan konsentrasi asam tiosianat di tubuh korban.

Wayan Mirna Salihin tewas pada Rabu, 6 Januari 2016 di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta. Korban diduga meregang nyawa akibat menenggak kopi es vietnam yang dipesan oleh temannya, terdakwa Jessica Kumala Wongso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper