Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Lihat Gerhana Besok, Ini Waktu dan Lokasinya

Besok, 1 September 2016, akan terjadi gerhana matahari cincin. Kendati tidak bisa terlihat secara keseluruhan, gerhana ini bisa teramati dari Indonesia berupa gerhana Matahari sebagian.
Persiapan menghadapi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016/Antara
Persiapan menghadapi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016/Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Besok, 1 September 2016, akan terjadi gerhana matahari cincin. Kendati tidak bisa terlihat secara keseluruhan, gerhana ini bisa teramati dari Indonesia berupa gerhana Matahari sebagian.

“Gerhana ini akan teramati dari 124 kota dan kabupaten di10 provinsi,” sebut BMKG seperti dikutip dari situsnya, Rabu (31/8/2016).

Adapun kesepuluh provinsi tersebut yaitu Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah,

DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat

Pada saat puncak gerhanda, besaran piringan matahari yang tergerhanai oleh bulan tergantung pada magnitudo gerhana. Magnitudo gerhana adalah perbandingan antara diameter matahari yang tergerhanai oleh bulan dan diameter matahari secara keseluruhan.

Adapun magnitudo terbesar yang teramati dari Indonesia adalah 0.0gg yakni dari Kalianda, Lampung.

BMKG menyebutkan waktu-waktu terjadinya gerhana di setiap tempat akan berbeda. Secara umum, kontak pertama gerhana matahari cincin pada besok hari akan terlihat dari Pacitan sekitar  pukul 17:26 WIB dan kemudian menyebar ke daerah lainnya.

Mengingat gerhana ini terjadi saat sore hari di Indonesia, maka semua lokasi di pulau Jawa dan Kalianda Lampung hanya akan terlewati oleh kontak pertama saja sebelum kemudian matahari tenggelam.

Gerhana matahari ini juga akan bisa deiamati dari sejumlah daerah seperti Seai Kepulauan Mentawai, Sumaterta Barat pada pukul 17:52 WIB, Talang Ubi Sumatera Selatan pukul 17:59 WIB, Kepahiang, Bengkulu pukul 18:06 WIB, Lampung pada pukul 17:54., Banten pada pukul 19:29-17:30, Jakarta 17:30, Kepulauan Seribu 17:32, Jawa Barat sekitar pukul 17:28-17:30 (berbeda-beda di setiap kota).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper