Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Tingkatkan Manajemen Pengelolaan Sekolah

Pemerintah Kota Tangerang Selatan berusaha terus menyempurnakan manajemen pengelolaan sekolah di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut.
Sekolah di Jakarta/Beritajakarta.com
Sekolah di Jakarta/Beritajakarta.com

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan berusaha terus menyempurnakan manajemen pengelolaan sekolah di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut.

Didi Sutisna, Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Tangsel, mengatakan sebanyak 85 peserta dari 16 sekolah di Kecamatan Serpong Utara dan Kecamatan Setu mengikuti pelatihan manajemen pengelolaan sekolah tersebut.

Peserta pelatihan manajemen berbasis sekolah itu terdiri dari para guru, kepala sekolah, pengawas dan komite sekolah serta semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran di sekolah yang diupayakan terus meningkat mutunya.  

“Pelatihan manajemen sekolah lebih menitikberatkan peran kepala sekolah dan pengawas untuk mengadakan supervisi informal dan observasi sekolah,” katanya, Senin (29/8/2016). 

Menurutnya, melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat tercapai sinergi 4 komponen yakni kepala sekolah, guru, komite dan pengawas, yang sama pentingnya dalam mendukung tata kelola menejemen sekolah guna meningkatkan mutu pembelajarannya.

Sementara itu Spesialis Pengembangan Sekolah Usaid Prioritas Banten, Ahmad Mardiyanto Prasetyo, menjelaskan pelatihan manajemen pengelolan sekolah juga bertujuan agar peserta dapat memahami berbagai indikator kompetensi guru dalam Penilaian Kerja (PK) guru.

Pemahaman terhadap indikator kompetensi guru dalam PK guru, sehingga mampu merancang usulan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), misalnya di tingkat gugus sehingga tercapai pembelajaran yang berkualitas.

Bahkan, lanjutnya, selain peran kepala sekolah, pembelajaran berkualitas juga memerlukan dukungan dari komite sekolah dan masyarakat yang seharusnya dapat berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper