Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORUPSI TAMBANG: KPK Dalami Kemungkinan Pelaku Lain

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami dugaan keterlibatan pihak lainnya dalam perkara korupsi penerbitan sejumlah Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang melibatkan Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam.n nn
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam./Bisnis
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam./Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami dugaan keterlibatan pihak lainnya dalam perkara korupsi penerbitan sejumlah Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang melibatkan Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam.

Komisioner KPK La Ode M. Syarief memaparkan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik. Hanya saja, pihaknya saat ini masih fokus untuk menggali informasi soal kasus yang menyeret bekas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

“Ya tim masih berada di lapangan. Nanti kalau sudah pulang mereka akan memberikan update penyidikan kepada pimpinan,” kata Syarief di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Dia menjelaskan semua perkembangan akan dipelajari oleh penyidik KPK. Dia tak menampik soal dugaan keterlibatan pihak lain dalam perkara itu. Namun demikian  penyidik belum bisa memastikan soal pemanggilan terhadap mereka. Pasalnya, penyidik saat ini fokus untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Semua akan dipelajari, tergantung nanti penyidik yang menentukan. Kalau memang diperlukan akan diperiksa oleh penyidik,” imbuhnya.

Adapun dalam perkara itu, penyidik lembaga antikorupsi telah memeriksa sejumlah saksi. Rabu pekan lalu, mereka memeriksa saksi-saksi yang terdiri dari pejabat dari dinas terkait di provinsi tersebut, salah satunya Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Burhanuddin.

Tak hanya memeriksa saksi, mereka juga berhasil mengamankan sejumlah dokumen terkait izin usaha pertambangan (IUP) dari penggeledahan yang dilakukan di sejumlah tempat yang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara dan Jakarta.

Penggeledahan di Kendari dilakukan di kantor Gubernur, Dinas ESDM, hingga ke rumah gubernur tersebut. Sedangkan di Jakarta, penyidik juga meneggeldah rumah di Kuningan, Jakarta Selatan dan sebuah perusahaan di kawasan Pluit, Jakarta Utara. 

Selain pemeriksaan saksi dan peneggeledahan, Jumat kemarin penyidik KPK juga mencegah empat orang dalam perkara itu. Keempat orang itu yakni Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam,  Kepala Dinas ESDM Sultra Burhanuddin, Widdi Aswindi Direktur PT Billy Indonesia, dan  Emi Sukiati Lasimon pemilik dari PT Billy Indonesia.

PT Billy Indonesia sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih besi, bauxite, dan nikel. Perusahaan itu juga beroperasi di wilayah Sulawesi Tenggara. Perusahaan itu diduga terkait dengan perkara yang melibatkan Gubernur Sultra tersebut.  

Nur Alam sendiri diduga melakukan korupsi terkait penerbitan SK Persetujuan  Pencadangan Wialayah Pertambangan, persetujuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi dan SK persetujuan peningkatan Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi menjadi Izin Usaha Operasi Produksi PT Anugrah Harisma Barakah (AHB).

Atas dugaan kasus tersebut, penyidik KPK telah menjerat Nur dengan Pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang-undang No 31/1999 sebagai mana diubah dengan UU No. 20 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat  ke I KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper