Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji Ditahan, Kemenag Terjunkan Tim ke Filipina

Kemenag menyiapkan tim untuk menyelidiki kasus penahanan 117 jamaah haji oleh otoritas Filipina. Mereka ditahan lantaran, otoritas Filipina curiga terhadap dokumen milik para jamaah haji itu.
Ilustrasi calon haji/Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi calon haji/Antara-Aloysius Jarot Nugroho

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan tim untuk menyelidiki kasus penahanan 117 jamaah haji oleh otoritas Filipina. Mereka ditahan lantaran, otoritas Filipina curiga terhadap dokumen milik para jamaah haji itu. 

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag  M. Jasin menyampaikan, tim yang dibentuk mereka akan diterjunkan ke lapangan untuk menginvestigasi kasus tersebut.

"Jadi kami menerjunkan tim ke lapangan untuk mengidentifikasi pihak-pihak yang ikut berpartisipasi dalam kasus itu," kata dia di Jakarta, Selasa (23/8/2016)

Dia memaparkan, tim tersebut juga akan mencari tahu keberadaan biro perjalanan yang diizinkan Kemenag,  ikut membantu sindikat asing dalam perkara itu. Kalau ada indikasi penipuan, pemalsuan, pihaknya bakal melaporkannya ke penegak hukum.

Dia juga mengimbau, supaya masyarakat tidak terbujuk oleh bujuk rayu agen travel yang tak memiliki izin resmi dari pemerintah. "Jadi daftar melalui haji reguler atau haji khusus, kan gitu. Kalau dia itu dibujuk orang, orangnya siapa ya kita cari itu," imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengonfirmasi kabar keberadaan 177 warga negara Indonesia yang ditahan di Bandara Ninoy Aquino, Manila. Mereka ditahan saat akan berangkat ke Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji.

Terungkapnya kasus tersebut bermula dari petugas imigrasi Bandara Internasional Manila, Filipina yang mencurigai 217 orang penumpang Philippines Airlines tujuan Jeddah. 

Setelah diselidiki, 177 orang di antara kelompok tersebut merupakan WNI yang hendak menunaikan ibadah haji.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper