Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Raih 2 Penghargaan di Ajang ANRI Award

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada ajang ANRI Award 2016 yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Bisnis.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada ajang ANRI Award 2016 yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dalam ajang tersebut, VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin mengungkapkan KAI berhasil meraih dua penghargaan. Pertama, yakni Juara I Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2016 Kategori BUMN (Erna Purwatiningsih sebagai Asisten Manager Land Asset Document pada Unit Corporate Document Management Kantor Pusat PT KAI. Kedua, KAI meraih Juara 3 Unit Kearsipan terbaik Nasional Tahun 2016 kategori BUMN yang diraih Unit Corporate Document Management PT KAI

Penganugerahan ANRI Award 2016 kepada para pemenang dilakukan oleh Menteri PAN & RB, Asman Abnur, didampingi oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman,” jelasnya dalam siaran pers, Senin (22/8/2016).

Dia menambahkan MenPAN & RB dalam sambutannya mencanangkan kepada seluruh instansi pemerintah di pusat dan daerah, swasta dan BUMN untuk melakukan Gerakan Sadar dan Tertib Arsip, untuk mendukung terciptanya tata kelola perusahaan yang baik (GCG) demi meningkatkan kinerja dan akuntabilitas perusahaan.

Dengan diterimanya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu agar pengelolaan dan manajemen kearsipan di PT KAI semakin baik, terlebih karena PT KAI sendiri harus mengelola 1,4 juta lembar arsip, 13 ribu buku, dan 19 ribu folder yang terdiri dari arsip aktif, inaktif, dan vital,” beber Agus.

PT KAI, lanjutnya, juga harus mengelola, menjaga, dan merawat arsip vital yang umurnya mencapai 150 tahun berupa gronkaart yang menunjukkan kepemilikan aset perusahaan. Untuk mengelola dokumen sebanyak ini, PT KAI telah memanfaatkan teknologi informasi dan rutin mengikutsertakan pegawai pengelola arsip ke diklat/workshop terkait kearsipan demi penataan kearsipan yang lebih baik.

Kami berharap dengan tata kelola kearsipan yang baik, dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan menunjukkan kontribusi nyata dalam transformasi menjadi perusahaan yang maju,” ujarnya.

Ajang ANRI Award ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh ANRI setiap tahunnya untuk meningkatkan daya saing SDM pengelola arsip dan meningkatkan kesadaran akan tata kelola dokumen yang baik. Ajang ini diikuti oleh unit kearsipan kementerian/lembaga Negara, provinsi, kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri, dan BUMN di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper