Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Akan Dorong Kode Perilaku di Laut China Selatan

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan Pemerintah Indonesia akan terus mendorong percepatan proses perundingan dan penyelesaian kode perilaku (Code of Conduct/CoC) di wilayah sengketa Laut Cina Selatan (LCS), termasuk saat KTT ASEAN di Laos pada September mendatang.
Laut China Selatan/military.com
Laut China Selatan/military.com

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan Pemerintah Indonesia akan terus mendorong percepatan proses perundingan dan penyelesaian kode perilaku (Code of Conduct/CoC) di wilayah sengketa Laut Cina Selatan (LCS), termasuk saat KTT ASEAN di Laos pada September mendatang.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang terus mendorong percepatan proses perundingan dan penyelesaian CoC terkait Laut Cina Selatan. Isu Laut Cina Selatan kemungkinan juga akan menjadi salah satu isu yang dibahas dalam KTT ASEAN," ujar Arrmanatha, Kamis (18/8/2016).

Menurut dia, Pemerintah Indonesia akan terus mendorong penyelesaian "code of conduct" di wilayah sengketa Laut Cina Selatan, terutama untuk menekankan pentingnya upaya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

"Penyelesaian CoC ini sangat penting apalagi dengan meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan," kata dia.

Arrmanatha juga menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Indonesia saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri China di Vientiane, Laos dalam pertemuan Menlu ASEAN-China telah membahas mengenai proses perundingan CoC Laut Cina Selatan.

"Dalam pertemuan terakhir Menlu Indonesia dan China di Vientiane itu hasilnya positif, ada semangat untuk mempercepat proses perundingan CoC," ujar dia.

Selain itu, kata Arrmanatha, pertemuan Menlu ASEAN dan Menlu China di Vientiane, Laos pada Juli lalu juga telah menghasilkan komitmen untuk melaksanakan secara penuh dan efektif Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut Cina Selatan (DOC).

DOC merupakan sebuah dokumen yang dibuat pada 2002 yang menjadi batu loncatan bagi hubungan ASEAN dan China dalam mengelola isu dan sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Empat negara ASEAN yang terlibat dalam sengketa wilayah dengan China di Laut Cina Selatan adalah Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper