Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Revisi PP Remisi: KPK Kembali Tegaskan Penolakannya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menegaskan penolakan mereka terhadap rencana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 yang mengatur soal syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan
Ketua KPK Agus Rahardjo/Antara
Ketua KPK Agus Rahardjo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menegaskan penolakan mereka terhadap rencana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 yang tengah digodok pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM.

Ketua KPK Agus Rahardjo menjelaskan, ada beberapa pertimbangan soal penolakan tersebut, salah satunya kalaupun mau direvisi dasar yang digunakan mustinya harus kuat.

"Saya sudah menyampaikan sikap ya, kalau alasannya hanya overcapacity terhadap rumah tahanan kan tidak semestinya dilakukan revisi," kata Agus di Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Menurutnya draf revisi PP yang menyebutkan penghilangan ketentuan justice collabolator (JC) sebagai syarat remisi bagi pelaku tindak pidana korupsi, terorisme, dan narkotika akan mempercepat pembebasan para terpidana kasus tersebut. Dengan kata lain, mereka akan mudah mendapat remisi hanya dengan berkelakuan baik dan telah menjalani sepertiga masa pidananya.

"Oleh karena itu kami sudah menyampaikan pendapat kami menolak, bahkan saya menyuruh Kepala Biro Hukum KPK untuk datang ke rapat itu," imbuhnya.

Menurut dia sejak awal, sikap KPK tegas kalau pemerintah tetap ngotot revisi, utusan KPK walk out dari rapat tersebut. Tak hanya itu, dia juga sudah mengirimkan surat penolakan itu kepada pemerintah. "Mudah-mudahan itu menjadi perhatian."

"Pertimbangan kami jelas, pemenjaraan terhadap koruptor untuk memberikan efek jera, nah ini kok malah dikurangi," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) berupaya merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas PP No. 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper