Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Rusia Bom Bom Pegaris Keras Suriah

Pesawat pembom Rusia yang bermarkas di Iran menyerang sasaran milik pegaris keras di wilayah Suriah, Selasa (16/8/2016), kata Kementerian Pertahanan Rusia, setelah Moskow mengerahkan pesawatnya ke pangkalan angkatan udara Iran untuk memperluas gerakannya di Suriah.
Ilustrasi: Pesawat Rusia SU-33/Reuters-Pavel Rebrov
Ilustrasi: Pesawat Rusia SU-33/Reuters-Pavel Rebrov

Kabar24.com, JAKARTA - Pesawat pembom Rusia yang bermarkas di Iran menyerang sasaran milik pegaris keras di wilayah Suriah, Selasa (16/8/2016), kata Kementerian Pertahanan Rusia, setelah Moskow mengerahkan pesawatnya ke pangkalan angkatan udara Iran untuk memperluas gerakannya di Suriah.

Kementerian pertahanan mengatakan, serangan oleh pengebom jarak jauh Tupolev Tu-22M3 Fitter dan pesawat tempur Sukhoi Su-34 Fullback dilancarkan dari Pangkalan Udara Hamadan, Iran.

Kejadian itu diduga sebagai serangan pertama Rusia dari Iran terhadap sasaran di Suriah sejak mereka melancarkan pengeboman untuk mendukung Presiden Suriah, Bashar al-Assad, September 2015.

Langkah itu menunjukkan Rusia memperluas peran serta kehadirannya di Timur Tengah dan dilakukan di tengah laporan media Rusia bahwa Moskow meminta izin Iran dan Irak untuk menembakkan peluru kendali jelajah ke arah sasaran di Suriah, melintasi kawasan mereka dari Laut Kaspia.

Kementerian mengatakan serangan pada Selasa itu menyasar ISIS dan militan yang sebelumnya dikenal sebagai Nusra Front di Provinsi Aleppo, Idlib dan Deir al Zour.

Pengebom itu dilindungi pesawat tempur bermarkas di pangkalan udara Hmeymim di Provinsi Latakia, Suriah, katanya.

Saluran penyiaran Rosiya 24 yang didukung pemerintah Rusia, Selasa, menyiarkan gambar tanpa keterangan setidaknya tiga pesawat pengebom dan pengangkut diduga di dalam wilayah Iran, namun mengatakan, bahwa tidak jelas berapa banyak pengebom Rusia yang tiba di lokasi itu.

Dikatakan, bahwa pengerahan tersebut akan memungkinkan angkatan udara Rusia mengurangi waktu penerbangan hingga 60 persen dan meningkatkan muatan pengeboman.

Media Rusia mengatakan pengebom Tupolev Tu-22M3 Fitter yang sudah melakukan banyak serangan terhadap militan di Suriah dari pangkalan asal di Rusia selatan, terlalu besar untuk diakomodasi di pangkalan udara Rusia di dalam wilayah Suriah.

Pangkalan udara Iran di dekat Hamadan, atau kadang-kadang disebut Hamedan, terletak di Iran barat laut dan pengebom Rusia harus terbang melintasi Irak untuk menyerang Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper