Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpan-RB Minta Semua Daerah Tiru Yogyakarta. Ini Alasannya

Yogyakarta dianggap sebagai model yang patut ditiru dalam tata kelola pemerintahan
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com

Kabar24.com, JAKARTA - Yogyakarta dianggap sebagai model yang patut ditiru dalam tata kelola pemerintahan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menginginkan seluruh daerah di Indonesia dapat meniru Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam implementasi tata kelola pemerintahan.

"Yogyakarta adalah contoh pemerintah provinsi yang telah mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pengintegrasian akuntabilitas kinerja dan sistem e-budgeting. Ini harus ditularkan ke seluruh Indonesia," ujar Menteri Asman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Asman mengatakan ke depan Kementerian PAN dan RB menetapkan lebih banyak provinsi yang bisa menjadi percontohan penerapan akuntabilitas kinerja melalui e-budgeting.

Pada Rabu (10/8), Menteri Asman mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memantau evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) guna memastikan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Pada kesempatan itu Menteri PAN dan RB mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Pemprov DIY dalam tata kelola pemerintahan dan berharap Yogakarta menjadi kota barometer implementasi tata kelola pemerintahan yang baik.

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri mengapresiasi pembinaan yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) terkait perbaikan tata kelola pemerintahan melalui implementasi akuntabilitas kinerja. Asistensi yang diberikan Kementerian PAN dan RB melahirkan sistem e-performance based budgeting yang telah diimplementasikan Pemerintah Provinsi DIY beberapa tahun belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper