Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI BPS: Kuartal III, Konsumen di Bali Lebih Pilih Beli Barang Elektronik

Fluktuasi harga mendorong konsumen di Bali pada triwulan III ini akan lebih banyak mengalokasikan dana mereka untuk membeli barang elektronik dan perangkat komunikasi dibandingkan dengan perhiasan.

Bisnis.com, DENPASAR-- Fluktuasi harga mendorong konsumen di Bali pada triwulan III ini akan lebih banyak mengalokasikan dana mereka untuk membeli barang elektronik dan perangkat komunikasi dibandingkan dengan perhiasan.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) Bali terhadap indeks tendensi konsumen (ITK), mendapati bahwa pembelian barang tahan lama seperti perhiasan justru menunjukkan penurunan.

"Sangat mungkin dipengaruhi oleh persepsi negatif masyarakat untuk melakukan investasi pada logam mulia terkait dengan harganya yang sangat fluktuatif. Hal senada juga terjadi pada rencana rekreasi dan pelaksanaan pesta atau ajatan yang juga mengalami penurunan," ungkap Kepala BPS Bali Adi Nugroho, Rabu (10/8/2016).

Kondisi perekonomian di triwulan III 2016 nanti diperkirakan membaik dengan tingkat optimisme yang diprediksi meningkat tipis. Indeks Tendeksi Konsumen (ITK) pada triwulan III/2016 diprediksi mencapai 109,00. Pendapatan rumah tangga juga diperkirakan membaik dengan indeks mencapai 111,17.

Demikian halnya rencana pembelian barang-barang tahan lama, rekreasi dan hajatan diperkirakan meningkat yang tergambar pada indeks prediksi sebesar 105,19. Melihat angka di komponen terakhir ini dapat dilihat bahwa tidak akan terjadi pergeseran keyakinan konsumen di triwulan mendatang‎.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper