Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lotion & Sabun Mandi dari Kulit Manggis, Pisang & Nangka

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) Malang, menciptakan produk baru berupa lotion dan sabun mandi dengan bahan baku dari gabungan ekstrak kulit buah manggis, pisang dan nangka.
Manggis /herbzway
Manggis /herbzway

Kabar24.com, MALANG - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) Malang, menciptakan produk baru berupa lotion dan sabun mandi dengan bahan baku dari gabungan ekstrak kulit buah manggis, pisang dan nangka.

Sejumlah mahasiswa penemu produk lotion dan sabun mandi berbahan kulit buah tersebut tergabung dalam Tim Azala Skin Care dan meraih medali emas di ajang World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 yang diseleggarakan oleh Korea University Invention Association (KUIA) di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC), Korea Selatan, belum lama ini.

"Kenapa kami menggunakan buah tersebut? Karena kandungannya kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Produk kami juga bisa menyamarkan bekas luka dan melembabkan kulit," kata Ketua Tim Azala, Sofia Afifah, di Malang, Jawa Timur, Jumat (5/8/2016).

Dia mengemukakan, bahan-bahan untuk produk sabun mandi dan lotion tersebut, memanfaatkan limbah buah-buahan dari beberapa toko, salah satunya toko jus buah. Untuk satu kilogram buah bisa menjadi empat botol lotion kemasan 100 mililiter dan enam bungkus sabun ukuran 20 gram.

Cara pembuatannya, lanjutnya, harus dibuat terlebih dahulu ekstrak dari masing-masing kulit buah dengan pelarut metanol. Pembuatan lotion dibagi menjadi dua fase, yakni fase air dan minyak. Sedangkan, untuk pembuatan sabun, ekstrak kulit buah tersebut dan lemon ditambahkan ke dalam fase minyak yang terdiri dari VCO, minyak zaitun dan minyak jarak.

"Bahan-bahan yang kami gunakan ini seluruhnya merupakan produk lokal Indonesia. Produk Azala Skin Care dijual dengan harga Rp15 ribu untuk lotion dan Rp5 ribu untuk sabun. Inovasi baru Azala Skin Care dari produk sebelumnya terletak pada penggunaan campuran lebih dari satu macam buah dan produk baru berupa sabun," urainya.

Lebih Sering Dipakai

Sofia mengatakan sabun merupakan produk yang pemakaiannya lebih sering dibandingkan dengan lotion. Lotion hanya sebagai pelindung tambahan pada kulit. Oleh karena itu, tim berinisiatif untuk memproduksi sabun.

Karena inovasi tersebut, Gold Medal pada 3rd World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 yang diseleggarakan oleh Korea University Invention Association (KUIA) di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC), Korea Selatan berhasil diraih oleh tim ini.

Sebelumnya, Tim Azala Skin Care juga mendapatkan penghargaan di ajang 27th Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2016 di Malaysia beberapa waktu lalu dengan produk lotion antikanker dari ekstrak kulit manggis.

Tim Azala Skin Care terdiri dari Sofia Afifah A (Teknik Kimia), Yuyun Drupadi A.A. (Teknik Kimia), Mohammad Rizal Fauzi (Teknik Kimia), Indra Barani (Teknik Mesin), Linggar Gara Putra S (Teknik Mesin), dan dosen pembimbing Vivi Nurhadianti ST MT.

Pada kompetisi yang diikuti oleh 20 negara tersebut, Tim Azala Skin Care tidak hanya diganjar medali emas oleh WICC, tetapi juga mendapatkan Special Award dari International Engineering Invention & Innovation Exhibition (I-ENVEX) Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper