Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efisiensi Penyaluran Bansos, Mensos Luncurkan E-Warung di Padang

Kementerian Sosial meluncurkan layanan e-warung koperasi usaha bersama (KUBE-PKH) koperasi masyarakat Indonesia sejahtera (KMIS) pertama di wilayah Sumatra, tepatnya di Padang, Sumatra Barat.
Mensos Khofifah Indar Parawansa/Antara
Mensos Khofifah Indar Parawansa/Antara

Kabar24.com, PADANG - Kementerian Sosial meluncurkan layanan e-warung koperasi usaha bersama (KUBE-PKH) koperasi masyarakat Indonesia sejahtera (KMIS) pertama di wilayah Sumatra, tepatnya di Padang, Sumatra Barat.

Mensos Khofifah Indra Parawansa mengatakan layanan e-warung membantu peningkatan layanan bantuan sosial kepada masyarakat miskin agar penyaluran lebih cepat, efektif, dan memudahkan penyaluran bansos.

“Kami ingin lebih efisien, cepat, dan tidak bisa dipotong. Jadi lebih akuntabel, sekaligus mendorong layanan bank yang inklusif,” katanya di Padang, Jumat (5/8/2016).

Dia menyebut, untuk di Kota Padang, sebanyak 5.073 rumah tangga miskin penerima program keluarga harapan (PKH) dan 30.474 keluarga penerima beras rakyat sejahtera (Rastra) disalurkan lewat kartu kartu debit dan dibelanjakan di e-warung.

“Nanti, ibu-ibu penerima bansos bisa belanja beras, gula, minyak goreng, tepung terigu di e-warung, tinggal gesek. Uangnya ada di dalam kartu, nanti bisa dicek isinya berapa,” katanya.

Selain memudahkan masyarakat penerima bansos, program itu dinilai juga bisa menumbuhkan tambahan income bagi masyarakat sekitar e-warung.

Masyarakat sekitar, imbuhnya, bisa dipekerjakan sebagai petugas kemasan. Yakni membuat kemasan 1 kg, 2 kg, untuk beras, maupun gula yang dipaok dari Bulog dan RNI.

Program e-warung di Padang merupakan yang kelima di Indonesia setelah Malang, Sidoarjo, Mojokerto dan Makassar.

Khofifah menargetkan pembukaan e-warung tahun ini mencapai 300 unit di seluruh Tanah Air, dan tambahan 3.000 unit tahun depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper