Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

USAID Gandeng UMM Perkuat Tata Kelola PTS

United States Agency for International Development-Higher Education Leadership and Management (USAID-HELM) menggandeng Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam memperkuat tata kelola perguruan tinggi swasta.
UMM/student.umm.ac.id
UMM/student.umm.ac.id

Kabar24.com, MALANG - United States Agency for International Development-Higher Education Leadership and Management (USAID-HELM) menggandeng Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam memperkuat tata kelola perguruan tinggi swasta.

Kepala Badan Pengendali Internal UMM Ahmad Juanda mengatakan perguruan tinggi swasta tersebut enjadi salah satu dari tujuh perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya USAID-HELM untuk mengembangkan modul pelatihan Manajemen Keuangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) serta menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) bagi pelatih modul tersebut.

“Bahkan, UMM manjadi satu-satunya PTS yang menjadi mitra USAID dalam mengemban amanah tersebut,” ujarnya di sela-sela kegiatan TOT HELM dan Pengembangan Modul Pelatihan Manajemen Keuangan PTS yang berlangsung di Auditorium UMM, Jumat (5/8/2016).

UMM dipilih dianggap layak sebagai role model yang bisa ditularkan pada PTS lain. Sumber daya manusianya dianggap cukup dan layak untuk menyusun modul tata kelola keuangan.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari, yakni 1-5 Agustus 2016 tersebut merupakan kolaborasi USAID dan UMM untuk meningkatkan kapasitas PTS dalam bidang pengelolaan keuangan.

Pelatihan meliputi perencanaan dan anggaran, pengadaan barang dan jasa, penyusunan laporan keuangan, dan internal audit. Kegiatan dihadiri 44 peserta yang terdiri dari 18 PTS, diantaranya 7 PTS mitra USAID-HELM (termasuk UMM) dan 11 PTS yang berlokasi di Malang.

HELM sendiri merupakan program peningkatan kapasitas pengelolaan pendidikan tinggi yang didanai USAID. Bekerjasama dengan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), program USAID-HELM berfokus pada empat bidang kegiatan, yaikni Kepemimpinan dan Administrasi Pengelolaan Keuangan, Penjaminan Mutu, serta Kolaborasi dengan Pihak Eksternal.

Keterampilan

Financial Management Systems Specialist HELM, Addie Permono, menjelaskan tujuan dari program TOT, memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para pelatih untuk mengelola program pengembangan profesional di perguruan tingginya masing-masing.

“Selain itu, program TOT ini untuk memberikan dukungan langsung dan mentransfer keahlian di bidang desain pelatihan dan pengembangan, penyampaian materi dan manajemen pelatihan.”

Metodologi TOT, lanjut dia,  penekanannya pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Selama lima hari, peserta diharapkan terlibat aktif dalam setiap sesi pelatihan dengan menggunakan alat pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran.

Juanda menambahkan, poin-poin program TOT HELM, mulai dari anggaran, proses pengadaan, laporan keuangan dan audit merupakan bagian tak terpisah dari prinsip good university governance atau tata kelola universitas yang baik.

“Tata kelola universitas yang baik, salah satu pilarnya ya dari aspek akuntabilitas keuangan,” ungkap Juanda yang juga menjadi salah satu pemateri dalam acara tersebut.

Menurut dia,  sebagian besar PTS belum memiliki modul Tata Kelola Kuangan yang baik. Berbeda  dengan perguruan tinggi negeri,  menejemen PTS ada cirri khasnya.  Karena itulah, jika  menggunakan modul PTN, maka tidak relevan sehingga PTS harus membuat model sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper