Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turki Bebaskan 758 Tentara, Erdogan Cabut Gugatan

Turki Sabtu waktu setempat telah membebaskan 758 tentara yang sebelumnya ditahan setelah kudeta gagal dua pekan lalu, sedangkan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mencabut gugatan hukum kepada mereka yang menghinanya yang dianggap sebagai pesan kesatuan.
Presiden Turki Tayyip Erdogan/Reuters
Presiden Turki Tayyip Erdogan/Reuters

Kabar24.com, ISTAMBUL - Turki Sabtu waktu setempat telah membebaskan 758 tentara yang sebelumnya ditahan setelah kudeta gagal dua pekan lalu, sedangkan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mencabut gugatan hukum kepada mereka yang menghinanya yang dianggap sebagai pesan "kesatuan".

Lebih dari 60.000 orang ditahan, dipecat atau dinonaktifkan dari jabatannya karena diduga memiliki kaitan dengan kudeta gagal ketika sekelompok personel militer membajak tank, helikopter dan jet tempur untuk menggulingkan pemerintah.

Barat mengecam kudeta gagal yang disebut Erdogan telah menewaskan 237 orang dan melukai sekitar 2.100 orang, namun Barat berbalik kritis setelah Erdogan melakukan pembersihan, khususnya kepada pendukung ulama terkenal Turki yang tinggal di AS, Fethullah Gulen, yang dituding Erdogan sebagai dalang kudeta 15-16 Juli. Gulen membantah tudingan ini.

Kantor berita Anadolu melaporkan 758 tentara telah dibebaskan atas rekomendasi para jaksa setelah mereka memberikan kesaksian. Hakim sepakat penahanan terhadap mereka tidak perlu.  Namun 231 tentara lainnya tetap ditahan.

Militer Turki sendiri yang merupakan kedua terbesar di NATO merombak strukturnya dengan menaikkan pangkat 99 kolonel menjadi jenderal atau laksamana, menyusul pemecatan 1.700 anggota militer tersangkut kudeta.  Sekitar 40 persen jenderal dan laksamana telah dinonaktifkan sejak kudeta itu.

Militer Turki tengah menghadapi ISIS dan pemberontak Kurdi. Kurdi sendiri menyatakan peluang pemerintah Turki untuk menghidupkan proses perdamaian dengan pemberontak Kurdi telah hilang ketika Erdogan memakai sentimen nasionalis untuk mengonsolidasikan dukungan.

Sementara itu secara mengejutkan Erdogan menyatakan telah membatalkan dakwaan kepada sejumlah orang yang menghinanya, sebagai pesan rekonsiliasi kepada bangsanya. Dia menyatakan keputusan itu didorong oleh perasaan kesatuaan dalam melawan kudeta gagal.  Langkah ini juga disebut untuk meredam kritik Barat.

Para jaksa telah mengajukan 1.800 gugatan kepada orang-orang yang menghina Erdogan  yang antara lain wartawan, kartunis dan anak-anak sejak Erdogan menjadi presiden pada 2014.

Tidak dijelaskan apakah Erdogan juga akan menarik gugatan kepada komedian Jerman Jan Boehmermann yang belum lama tahun ini menyebut Erdogan senang melihat pornografi anak, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper