Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Protes Korea Selatan, China Lanjutkan Uji Coba Anti Rudalnya

Setelah memprotes penenmpatan sistem anti misil di Korea Selatan, China akhirnya melanjutkan uji coba sistem anti misilnya sendiri.
Ilustrasi/Reuters-Edgar Su
Ilustrasi/Reuters-Edgar Su

Kabar24.com, BEIJING— Setelah memprotes penenmpatan sistem anti misil di Korea Selatan, China akhirnya melanjutkan uji coba sistem anti misilnya sendiri.

Kementerian Pertahanan China pada Kamis (28/7/2016) mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan melanjutkan uji coba sistem anti misil setelah sejumlah gambar muncul di televisi negara tersebut.

Sebelumnya, China memprotes rencana penempatan sistem anti misil Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) oleh Korea Selatan dan mengingatkan bahwa sistem tersebut akan mengganggu kestabilan keamanan regional.

Sebenarnya penempatan THAAD oleh Korea Selatan diklaim untuk menangkal meningkatnya aktivitas di Korea Utara. Namun, China khawatir sistem milik korea Selatan akan mampu melacak kemampuan militernya.

Namun, penyiaran sejumlah gambar di televisi China minggu ini mengindikasikan bahwa negara tersebut juga melakukan  uji coba anti nuklir. Ini merupakan yang ketiga kalinya negara tersebut menunjukkan gambar serupa sejak 2010   

“Meningkatkan kemampuan yang mumpuni bagi pertahanan melawan rudal sangat penting bagi China guna menjaga kestabilan nasional,” Kata Juru Bicara Menteri Luar Negeri China Yang Yujun seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/7/2016).

“Ini akan meningkatkan kemampuan pertahanan diri China dan tidak menargetkan negara manapun secara spesifik serta tidak akan mempengaruhi stabilitas internasional,” katanya tanpa menyebutkan lebih lanjut.

Korea Utara meluncurkan serangkaian rudal dalam beberapa bulan terkahir. Sementara itu, kemiliteran China menjalani program modernisasi termasuk uji coba rudal anti satelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper