Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INVESTASI DAERAH: Sumbar Prioritaskan 4 Sektor Ini

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memprioritaskan empat sektor investasi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu.
Kendaraan padat merayap terlihat di pintu masuk Kota Padang Panjang di Silaiang, Sumatra Barat/Antara
Kendaraan padat merayap terlihat di pintu masuk Kota Padang Panjang di Silaiang, Sumatra Barat/Antara

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memprioritaskan empat sektor investasi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu.

Plt Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BKPM PPT) Sumbar Danang W Jati mengatakan ada empat sektor yang menjadi prioritas investasi di daerah itu yakni, pariwisata, industri, infrastruktur, dan pertambangan dan energi.

“Terutama sektor pariwisata memang jadi prioritas daerah, termasuk sektor lain, industri, infrastruktur, dan sektor energi,” katanya, Selasa (26/7/2016).

Menurutnya, untuk sektor pariwisata, prioritas investasi adalah pengembangan pariwisata Lembah Harau, Kelok Sembilan, Mentawai, kawasan Mandeh, dan Danau Kembar.

Selanjut, di bidang industri meliputi industri pengolahan pakan ikan, industri perkapalan skala kecil dan menengah, CPO dan industri sampingan, pabrik pengolahan gambir, dan pengolahan cokelat.

Kemudian, untuk sektor infrastruktur meliputi pelabuhan laut, reaktivasi rel kereta api, dan jalan tol. Terakhir di bidang pertambangan dan energi antara lain pembangunan pabrik semen, geothermal atau panas bumi, serta potensi hydro power.

Adapun, sepanjang paruh pertama tahun ini investasi di Sumbar melalui penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp1,8 triliun, sedangkan penanaman modal asing berkisar US$14,46 juta atau dalam kisaran Rp2,2 triliun, sehingga total investasi sekitar Rp4 triliun.

Danang mengungkapkan investasi yang masuk ke daerah itu umumnya adalah di sektor industri pengolahan, agro industri, pembangkit listrik dan energi terbarukan, tambang, kelautan dan perikanan, hotel dan restoran, perkebunan, dan perdagangan.   

Menurutnya, realisasi investasi daerah itu sudah melebihi target yang dipatok tahun ini untuk PMDN di kisaran Rp850 miliar, dan sudah mendekati target investasi asing sekitar US$ 26 juta.

Sedangkan total jumlah izin dan rekomendasi yang dikeluarkan pemda setempat di paruh pertama tahun ini sebanyak 452 izin. Sektor tambang dan ESDM mendominasi dengan 140 izin, kelautan dan perikanan 88 izin, perhubungan 60 izin, tenaga kerja 46 izin, dan kehutanan 42 izin.

Sementara itu, sepanjang tahun lalu realisasi investasi di Sumbar mencapai US$ 70 juta untuk investasi asing, meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya terealisasi US$ 29 juta.

Sedangkan PMDN mencapai Rp2,78 triliun atau tumbuh 126% dibandingkan 2014 yang hanya menyentuh Rp1,23 triliun.

Adapun, izin prinsip atau persetujuan investasi di daerah itu sepanjang tahun ini untuk investasi asing mencapai US$ 1,04 miliar, dan kesepakatan investasi melalui PMDN mencapai Rp6,82 triliun.

Danang meyakini realisasi investasi di semester kedua bakal meningkat, mengingat mulai pulihnya perekonomian, percepatan belanja pemerintah, dan potensi masuknya dana repatriasi dari program tax amnesty ke daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper