Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RESHUFFLE KABINET: Wiranto Kembali Koordinasikan Politik dan Keamanan RI? Ini Profilnya

Wiranto akan menjadi wajah lama yang muncul kembali. Seperti diketahui, Wiranto pernah menjadi Menko Polkam di era kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid.
Wiranto/Antara
Wiranto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, disebut sebagai salah satu nama yang akan masuk dalam jajaran menteri baru hasil reshuffle jilid II Kabinet Pemerintahan Jokowi-JK.

Jika benar, maka Wiranto akan menjadi wajah lama yang muncul kembali. Seperti diketahui, Wiranto pernah menjadi Menko Polkam di era kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid.

Jenderal Purnawirawan TNI kelahiran Yogyakarta 4 April 1947 ini juga tercatat pernah menjabat Panglima TNI periode 1998-1999.

Wiranto juga tercatat pernah dua kali maju sebagai calon presiden, yakni saat berpasangan dengan Salahuddin Wahid maju sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2004.

Berhasil mengalahkan Akbar Tanjung, pada konvensi capres dari Partai Golkar, ternyata langkah Wiranto di Pilpres 2004 tak berhasil. Saat itu, bersama Gus Solah, Wiranto hanya menempati urutan ketiga.

Tahun 2009 berpasangan dengan Jusuf Kalla, Wiranto maju lagi dalam Pilpres sebagai cawapres. Langkah Wiranto kembali terganjal, karena pasangan JK-Win hanya menempati peringkat ketiga pengumpul suara terbanyak.

Tak kapok, Wiranto maju lagi dalam pilpres 2014 berpasangan dengan Hary Tanoesoedibjo. Namun, upaya menuju Istana bersama Harry Tanoe harus dibatalkan karena minimnya raihan suara Partai Hanura dalam pemilihan legislatif 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Wikipedia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper